Puluhan Ribu Jemaat GBKP Hadiri Jubileum 125 Tahun GBKP

Puluhan ribu jemaat GBKP menghadiri dan memeriahkan perayaan Jubileum 125 Tahun masuknya Injil ke Karo di Lapangan Samura Kabanjahe. Acara diisi dengan kebaktian dan koor raksasa Moria, tarian GBKP Persadanta yang melibatkan 750 anak dan pelantikan Moderamen periode 2015-2020,Sabtu (18/4) di lapangan Samura Kabanjahe

Menkumham Yasonna Laoly yang hadir dalam acara itu dalam sambutannya mengatakan, kualitas hidup, kemajuan dalam bidang sosial, ekonomi, pendidikan serta kehidupan spiritual yang dinikmati saat ini merupakan buah pekabaran Injil yang dilakukan NZG (Nederlandschs Zendeling Genootschap) 125 tahun yang lalu. Untuk itu kita perlu bersyukur bahwa kehadiran misi zending pada masa itu tidak hanya membangun spiritualitas masyarakat tetapi juga membuat masyarakat Karo sebagai petani yang terdidik, handal dan profesional.

Yasonna juga mengajak masyarakat Karo, khususnya korban erupsi Sinabung supaya tetap tabah dan terus berdoa agar Sinabung bisa kembali normal seperti sedia kala dan keadaan masyarakat juga pulih. Ia juga menyatakan dukungan terhadap program yang dijalankan GBKP seperti pembangunan menara peringatan 125 tahun GBKP di kompleks GBKP Kabanjahe Kota serta program lainnya agar semakin bermanfaat bagi masyarakat, khususnya warga kristiani.

Sebelumnya Gubsu Gatot Pujo Nugroho dalam sambutannya mengatakan, perayaan jubileum ini jangan hanya seremoni saja, tapi menjadi proses konsolidasi gereja untuk pembinaan umat.Memberi kontribusi pembangunan dalam kesadaran keberagaman. Ini sangat penting menghadapi pasar bebas ASEAN.

Gubsu mengajak semua masyarakat untuk meningkatkan kompetensi. Nilai spiritualitas menjadi bagian yang penting untuk direkomendasikan bagi jemaat. Jubileum menjadi momen strategis untuk bangkit dan meningkatkan daya saing. “Jadi mari kita kita sama-sama membangun daerah,” katany.
Pada kesempatan itu, secara terpisah Menkumham dikenakan uis jongkit Karo berlogo jubileum 125 tahun masuknya Injil ke Karo dan kepada Gubsu dikenakan uis beka buluh.

Sekjen UEM (United Evanglical Mission) Pdt Dr Fidon Mwombeki yang hadir dalam acara itu pada sambutannya mengatakan, GBKP telah tumbuh menjadi gereja yang kuat sejak penginjilan 125 tahun yang lalu. Para misionaris terdahulu membawa kabar baik bagi masyarakat Karo. Mereka adalah pahlawan-pahlawan Injil. GBKP merupakan gereja yang bertumbuh dan salah satu gereja terbaik di UEM. Bersama Yesus gereja akan terus bertumbuh. Seusai memberi sambutan, Fidon menyerahkan cenderamata berupa foto-foto tentang sejarah UEM yang telah dikemas dalam album foto. Kemudian Moderamen mengenakan uis jongkit berlogo jongkit kepada Fidon.

Sementara itu, Ketua Panitia Sidang Sinode XXXV dan Perayaan Jubileum 125 Tahun GBKP, Ir. Setia Darma Sebayang MM mengharapkan, jemaat GBKP terus bertumbuh dan menjadi saksi Kristus. Terkait dengan pembangunan menara Jubileum 125 Tahun GBKP, ia berharap tetap ada dukungan dari pemerintah dan stakeholder hingga menjadi kebanggaan warga Sumut nantinya. PELANTIKAN Dalam ibadah raya perayaan jubileum, juga dilakukan pelantikan 10 orang pengurus Moderamen GBKP periode 2015-2020 dengan Ketua Umum Pdt Agustinus P Purba MA dilakukan oleh pendeta tertua di GBKP, Pdt Em Selamat Barus. Dalam pembacaan liturgi, Pdt Selamat Barus menanyakan kesetiaan dan tanggung jawab Moderamen terpilih dalam melaksanakan tugas sesuai dengan amanah Sidang Sinode yang dijawab secara bersama “ya saya bersedia. Selanjutnya Pdt Selamat Barus melantik Moderamen dan mendoakan agar menjadi tim kerja yang solid dalam menjawab tantangan yang dihadapi gereja.

Sebelumnya Pdt Dr AA Yewangoe dalam khotbahnya mengatakan, Allah itu setia dan gereja meyakininya hingga gereja melayani. Dalam melayani masyarakat, seperti kepada warga korban erupsi Sinabung, bukan karena GBKP kaya materi tapi karena kaya akan kasih. Gereja harus terus mampu melayani dan mampu menjawab tantangan yang ada. Gereja harus berkomitmen dalam pelayanan sesuai dengan tema perayaan : Biarpun gunung-gunung beranjak dan bukit-bukit bergoyang, tapi kasih setia Tuhan tetap bersama kita. (Yesaya 54:10) serta subtema: Kasih Tuhan yang kekalnitu memberi kita kemampuan untuk menyatakan kemulianNya dalam menghadapi seluruh keberadaan hidup. Berbagai atraksi juga mewarnai perayaan jubileum yang mampu memuai yang hadir seperti tarian massal KAKR (Kebaktian Anak Kebaktian Remaja) yang melibatkan 750 anak, koor raksasa Moria (kaum ibu) yang melibatkan 1200 orang dari berbagai klasis dan konfigurasi 125 tahun Jubileum GBKP dari tribun dan mendapat aplaus dari yang hadir. Hadir pada acara itu antara lain Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, Bupati Simalungun JR Saragih, perwakilan gereja dari Jerman (Klasis Bad Bentheim, Herford dan Luebbecke, West Falia), Letjen Purn Amir Sembiring, Mayjen Purn RK Milala, Irjen Pol Sadar Sebayang Hakim Agung Dr Jakup Ginting, mewakili Kapoldasu Kombes Tabana Bangun, mewakil Pangdam I BB, Kapolres Karo AKBP Victor Togi Tambunan dan Sinode gereja Toraja. (humas Moderamen)

Komentar

Mungkin Anda Menyukai