YKPC GBKP Alpha Omega Sosialisasikan Pembentukan RBM

Bertempat di Lost Rumah Lige, Desa Suka, Kecamatan Tiga Panah, YKPC ( Yayasan Kesejahteraan Penyandang Cacat)GBKP Alpha Omega kerja sama dengan Klasis Kabanjahe Tiga Panah menggelar sosialisasi pembentukan kelompok Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat (RBM) .

Direktur Alpha Omega Pdt. Mestika N Ginting , S.Th, M.Psi dalam presentasinya menjelaskan tentang pentingnya pembentukan RBM sebagai strategi percepatan pemenuhan hak-hak kaum difabel. “RBM merupakan satu strategi guna rehabilitasi, penyetaraan kesempatan, pengurangan pemiskinan dan inklusi sosial difabel” jelasnya.

Wujud nyata prinsip-prinsip RBM katanya, sebisa mungkin mengurangi charity dan menghindari ketergantungan, hambatan-hambatan sosial kemasyarakatan bagi kaum difabel harus dihilangkan (minimal dikurangi ) dan yang harus diatasi oleh difabel bukan difabilitasnya melainkan sikap abai, lalai, diskriminatif, prasangka (stigma), kekerasan hidup yang dialami sehari-hari dalam masyarakatnya. RBM mengajarkan kepada kaum difabel dan masyarakat menggunakan sumber daya setempat secara optimal untuk memberdayakan difabel.

Disebutkan RBM merupakan proses berkesinambungan, membangun gerakan terstruktur, sistematis dan massif dalam rangka mainstreaming isu difabel kedalam pembangunan. Ditingkat pembuat kebijakan (pemerintah) diharapkan dibentuk TAD (Tim Advokasi Difabel ) dan FPD ( Forum Peduli Difabel) di daerah. Membuat kebijakan dan menentukan program serta anggaran pembangunan dalam rangka mewujudkan hak-hak difabel dalam segala bidang pembangunan . Membuat sistem pembangunan yang ada agar responsive pada hak-hak difabel sesuai ketentuan UU yang berlaku baik nasional maupun lokal.

Moderamen GBKP yang diwakili oleh Wakil Sekretaris Umum Pt. Jetra Sembiring, S.T dalam sambutannya mengatakan Moderamen GBKP mendukung terbentuknya kelompok RBM sehingga kaum difabel dapat bersumberdaya dan bukan lagi sebagi kaum ‘terpinggirkan’.

Kadis Sosial Kabupaten Karo Almina br Bangun dalam sambutannya mengatakan mendukung penuh terbentuknya RBM ini dan akan membantu secara pendanaan yang akan diupayakan sampai tingkat pusat ,tuturnya.

Hal senada juga disampikan oleh Ketua Klasis Kabanjahe-Tiga Panah Pdt. Dormanis Pandia, S.Th bahwa Klasis Kabanjahe-Tiga Panah mendukung pembentukan RBM. Pdt. Dormanis juga merasa bangga Klasis Kabanjahe-Tiga Panah sebagai “pilot project” pembentukan RBM tersebut.

Sosialisasi tersebut dihadiri ratusan warga Desa Suka dan jemaat GBKP Kawasan Klasis Kabanjahe-Tiga Panah. (Era Purnama/Humas Moderamen)

Komentar

You May Also Like