Dalam Rangka Peningkatan Ekonomi Jemaat, Bidang Dana dan Usaha Moderamen GBKP Adakan Pelatihan Pertanian di Test Farm Berastagi

Bekerjasama dengan Test Farm Berastagi, Bidang Dana dan Usaha Moderamen GBKP mengadakan pelatihan pertanian. Test Farm Berastagi merupakan anak perusahaan PT. Bisi International,Tbk suatu agribisnis yang meyediakan benih sayuran, jagung hibrida dan pestisida. Pelatihan ini dilaksanakan pada 10-11 april 2016 dengan peserta je

maat dari klasis-klasis yang ada di seputaran Tanah Karo dan juga dari klasis Sibolangit.

Dalam sambutannya Ir. Alam Sembiring selaku pimpinan PT. Bisi International,Tbk area Sumbagut menjelaskan ada 3 fungsi perusahaan menempatkan Test Farm di Berastagi yaitu  :

  1. Untuk uji adaptasi tanaman dataran tinggi sebelum di lepas ke  pasaran (untuk mengetahui kesesuaian adaptasi produksi dan ketahanan hama dan penyakit)
  2. Ikut memproduksi benih sayuran hibrida (seperti caabe tomat, kubis, dll)
  3. Untuk melakukan pendidikan dan latihan (diktat) untuk petani binaan di area dataran tinggi Karo, Simalungun atas, Dairi dan Gayo lues.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa yang menjadi sasaran dari kerjasama antara Test Farm dengan Bidang Dana dan Usaha Moderamen GBKP adalah untuk meberikan pengetahuan pertanian kepada jemaat GBKP yang berprofesi sebagai petani agar dapat meningkatkan pengetahuan pertaniannya sehingga bisa meningkatkan ekonomi jemaat. Dan pihak Test Farm Berastagi sangat terbuka untuk diskusi masalah pertanian kapan saja demi meningkatkan pengetahuan petani.

Kabid Dana dan Usaha Moderamen GBKP Dk. Khristiani br Ginting dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Test Farm Berastagi dan PT. Bisi Internasional, Tbk atas kerjasama yang terjalin dalam pelaksaan pelatihan  tersebut. Lebih lanjut dia mengatakan bahwa pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan ekonomi jemaat GBKP terkhusus yang berprofesi sebagai petani.” Pelatihan ini adalah bentuk komitmen Moderamen GBKP untuk meningkatkan perekonomian jemaat, terkhusus bagi yang berprofesi sebagai petani” ucapnya. Dia juga menyampaikan bahwa selain dalam bentuk pelatihan dan penyuluhan, Bidang Dana dan Usaha Moderamen GBKP juga membuka rubrik tanya jawab seputar pertanian, peternakan dan perikanan yang diterbitkann setiap bulannya di Warta Gereja Maranatha (WGM) GBKP.

Mewakili Moderamen GBKP Pt. Mulia Perangin-angin mengatakan sangat senang dengan kegiatan pelatihan tersebut karena pertanian merupakan salah satu sumber penghasilan sebagian besar jemaat GBKP.” Saya sangat senang dengan pelatihan ini, karena sebagian besar jemaat kita bermata pencaharian sebagai petani” jelasnya. Tak lupa juga Pt. Mulia Perangin-angin mengucapkan terima kasih kepada Test Farm Berastagi dan PT. Bisi International,Tbk.

Pada pelatihan ini ada tiga komoditas pertanian yang menjadi topik utama pembahasan yaitu cabe, tomat dan jeruk. Walaupun demikian bila ada pertanyaan seputar komoditas yang lain tim dari Test Farm siap memberikan penjelasan. Sebagai pemandu dari Test Farm Berastagi adalah Wilson P.Silitonga,Sp dan Sadly Irawan, Sp. (Era Purnama/Humas Moderamen)

Komentar

Mungkin Anda Menyukai