Kunjungi Kantor Moderamen GBKP, Kepala Staf Kepresidenan Apresiasi GBKP dalam Pelayanannya Kepada Korban Erupsi Sinabung.

KABANJAHE,GBKP.OR.ID- Jumat  15 Juni 2016 Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki mengunjungi Tanah Karo untuk melihat perkembangan dari penanganan bencana erupsi sinabung. Dalam kunjungannya beserta rombongan, Teten Masduki mengunjungi  daerah relokasi Siosar dan berdialok langsung dengan masyarakat.

Setelah mengunjungi Siosar, Teten Masduki ditemani oleh Deputi IV Kantor Staf Presiden Eko Sulistyo dan Deputi V Jaleswari Pramodharwardani  juga mengunjungi Kantor Moderamen GBKP untuk berdiskusi mengenai penanganan bencana erupsi sinabung.

Pdt. Kongsi Kaban, S.Th ditemani Pdt. Rosmalia br Barus dan Pdt. Sarianto Purba, S.Th,M.Min mengucapkan selamat datang kepada Kepala Staf Kepresidenan. Pdt. Kongsi Kaban juga memperkenalkan anggota Moderamen yang hadir.

IMG_2346 copy-

IMG_2348 copy-

Teten Masduki dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh gereja terutama GBKP dalam pelayanan kepada korban erupsi sinabung.” Kami sangat mengapresasi apa sudah dilakukan oleh gereja, terutama GBKP yang sudah melakukan pelayanan kepada korban erupspi sinabung” ucapnya. Lebih lanjut Teten Masduki dalam pertemuan tersebut mengharapkan informasi dan masukan dari pihak Moderamen GBKP tentang penanganan erupsi sinabung, karena Presiden Jokowi menganggap pemerintah daerah terkesan lambat dalam penanganan korban erupsi sinabung. “ Presiden Jokowi beranggapan penanganan korban eruspi sinabung tekesan lamban, karena masih ada warga yang menempati posko pengungsian, oleh karena itu dalam pertemuan ini kami mengaharapkan informasi dan masukan dari pihak GBKP untuk penaganan bencana erupsi sinabung” jelasnya. Untuk kedepannya Kepala Staf Kepresidenan juga mengharapkan dukungan dari pihak GBKP untuk mendukung program-program pemerintah bagi korban erupsi sinabung diantaranya relokasi mandiri, hunian sementara (huntara) dan hunian tetap (huntap). Untuk relokasi mandiri dan huntara tersebut Teten Masduki mengharapkan kesedian GBKP untuk bekerjasama mendampingi masyarakat sebelum dan sesudah mereka nanti dilokasi huntara dan relokasi mandiri tersebut. Kedepannya juga pihak Kantor Kepresidenan akan terus menjalin komunikasi dengan pihak GBKP terutama dalam penanganan erupsi Sinabung.

Sementara itu Pdt. Rosmalia br Barus selaku Kabid Diakonia Moderamen GBKP yang secara khusus menangani bencana eruspi sinabung menjelaskan bahwa sampai saat ini GBKP terus bergumul untuk memberikan pendampingan dan pelayanan kepada korban erupsi sinabung. Dia juga menjelaskan bahwa banyaknya permasalahan yang muncul dalam penanganan bencana erupsi sinabung terutama dalam relokasi adalah kurangnya komunikasi antara pihak pemerintah dengan masyarakat dan dengan lembaga-lembaga yang selama ini ikut dalam pelayanan korban erupsi sinabung. Untuk kedepannya Pdt. Rosmalia mengaharapkan agar budaya “runggu” dalam msayarakat karo dikedepankan untuk penanganan korban erupsi sinabung.

Dalam kesempatan tersebut Moderamen GBKP juga menyerahkan buku yang berjudul  Kabar dari Tanah Karo Simalem: Kiprah GBKP Melayani Korban Bencana Letusan Sinabung kepada Kepala Staf Kepresidenan. Buku tersebut berisikan tentang pelayanan yang diberikan GBKP kepada korban eruspi Sinabung. Dalam kesempatan tersebut juga hadir mendampingi Moderamen Biro Hukum, Biro Humas, Ketua Klasis Kabanjahe dan beberapa orang dari posko pengungsian. (Era Purnama/Humas Moderamen)

Komentar

Mungkin Anda Menyukai