Moderamen Berikan Bantuan Bagi Korban Lahar Dingin dan Awan Panas Sinabung.

Beberapa waktu yang lalu lahar dingin melanda desa Kutambaru. Lahar dingin ini tidak hanya merusak rumah dan lahan pertanian warga tetapi juga merengut korban jiwa. Setelah itu bencana akibat erupsi Sinabung kembali berlanjut, kali ini desa Gamber yang menjadi korban Sinabung. Terjangan awan panas merusak rumah warga dan juga merenggut korban jiwa.

Akibat kedua bencana tersebut Tanah Karo kembali berduka terkhusus bagi keluarga korban. Melihat hal itu Moderamen GBKP mengambil inisiatif untuk memberikan bantuan agar sedikit meringankan beban mereka yang terkena bencana tersebut. Pemberian bantuan tersebut dilakukan di Posko Gedung Serbaguna GBKP di Simpang Enam Kabanjahe, Selasa (14/06).

PBS1 PBS2 PBS3 PBS4 PBS5 PBS6

Pembukaan dibawakan oleh Pdt. Dormanis Pandia selaku ketua penanggulangan bencana GBKP. Dia mengatakan pemberian bantuan tersebut merupakan bentuk solidaritas atas apa yang menimpa masyarakat di desa Kutambaru dan Gamber. Lebih lanjut Pdt. Dormanis mengatakan dalam pelayanannya kepada korban erupsi Sinabung, GBKP tidak pernah memandang status suku dan agama tertentu. Hal ini ini terlihat dimana pada saat ini GBKP melayani pengungsi di posko gedung serbaguna GBKP di Simpang Enam merupakan mayoritas muslim.” GBKP dalam pelayanannya baik korban erupsi sinabung dan bencana lainnya tidak pernah memandang status suku dan  agama “ tegasnya.

Kabid Diakonia Moderamen GBKP Pdt. Rosmalia br Barus dalam sambutannya mengucapkan atas nama Moderamen GBKP dan seluruh jemaat GBKP ikut berduka cita atas musibah yang menimpa masyarakat di desa Kutambaru dan Gamber. Pdt. Rosmalia juga mengatakan pemberian bantuan tersebut adalah bentuk solidaritas untuk saling mengasihi yang diajarkan oleh semua agama.” Apa yang GBKP lakukan saat ini adalah bentuk saling mengasihi antar sesama yang diajarkan oleh semua agama” ucapnya. Dia juga berharap agar para korban dan keluarga korban tidak melihat dari besar kecil yang diberikan oleh GBKP. “ Bapak ibu, yang kami berikan pada saat ini mungkin tidak bisa mengobati rasa duka yang ibu bapak rasakan, tapi kami memohon janganlah dinilai dari besar kecilnya yang kami berikan, tapi inilah sebagai tanda bahwa kami juga merasakan apa yang bapak ibu rasakan” harapnya.

Perwakilan dari desa Kutambaru dan Gamber dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Moderamen atas kepedulian yang diberikan.

Bantuan yang diberikan berbentuk uang tunai dan paket sembako kepada 4 kepala keluarga dari desa Kutambaru ( 2 korban meninggal dan 2 korban yang rumahnya rusak parah terkena lahar dingin) dan kepada 10 orang korban dari desa Gamber (8 orang meninggal dunia, 1 orang meninggal dunia dan rumah terbakar,1 orang luka parah).

Setelah pemberian bantuan acara dilanjut dengan makan bersama bagi yang tidak melaksanakan ibadah puasa. Turut hadir pada kesempatan tersebut Dk.Khristiani br Ginting selaku bendehara posko GBKP. (Era Purnama/Humas Moderamen)

Komentar

You May Also Like