Moderamen GBKP Tahbiskan Tiga Orang Pendeta GBKP

Ketua Umum Moderamen GBKP Pdt. Agustinus P Purba, S.Th, MA mentahbiskan tiga orang pendeta GBKP pada hari minggu (19/06) di Gereja Oikumene Bahtera Kasih Siosar. Yang menjadi tuan dan nyonya rumah adalah GBKP RG. Bekerah –Simacem dan GBKP Rg. Sukameriah yang saat ini menempati daerah relokasi Siosar. Sebelum kebaktian terlebih dahulu dilakukan prosesi dari depan Masjid Al-Hikmah menuju gereja Oikumene Bahtera Kasih.

PN7

Dalam khotbah minggu pendidikan yang dibawakan oleh Kabid. SDM Moderamen GBKP Pdt. Sarianto Purba, S.Th, M.Min mengatakan bagaimana pentingnya peranan dari guru dalam memberikan pengajaran kepada murid-muridnya sehingga mempunyai ilmu dan budi pekerti, namun demikian dalam memberikan pendidikan ke anak bukan semata-mata menjadi tanggung jawab guru saja, namun juga orang tua mempunyai peranan yang penting untuk mendukung pendidikan anak. “ Para guru memang mempunyai peranan penting dalam memberikan pendidikan kepada anak-anak kita, namun kita harus ingat bahwa orang tua juga mempunyai peranan yang tidak kalah penting perannya dalam pendidikan anak” tegasnya. Lebih lanjut juga Pdt. Sarianto mengatakan bahwa ilmu tanpa iman adalah tidak ada gunanya. Untuk para pendeta yang ditahbiskan, dia mengucapkan selamat dan mengingatkan agar mempergunakan ilmu yang dimiliki untuk memuliakan Tuhan dan meningkatkan spiritulitas jemaat diamanapun mereka ditempatkan.

Sementara itu khotbah sulung dibawakan oleh Pdt. Elia Agus Victoria Surbakti S.Th. Dalm khotbahnya yang diambil dari kitab Yunus 2: 1-5 mengatakan bahwa manusia masih kurang menyampaikan rasa terima kasih kepada Tuhan , apa yang dicapainya masih dianggap sebagai hasil dari kekuatannya sendiri tanpa ada campur tangan Tuhan didalamnya.” Manusia saat ini masih terlalu egois, kurang mengucap terima kasih kepada Tuhan atas apa yang diraih dan capainya, dia merasa itu adalah buah dari pekerjaannya, tanpa dianggap ada campur tangan Tuhan didalamnya” ucapnya. Maka dari itu Pdt. Elia Agus  mengajak semua yang hadir agar menyadari bahwa pencapaian hidup yang dirasakan saat ini adalah anugerah dari Tuhan, maka haruslah mengucap syukur kepadaNya.

Selesai kebaktian dilanjutkan dengan acara kata sambutan dan hiburan. Dalam sambutan panitia, Pdt. Dormanis Pandia, S.Th selaku ketua panitia didampingi panitai yang lain mengucapkan terima kasih kepada GBKP Rg. Bekerah-Simacem dan Rg. Sukameriah yang sudah bekerja keras bagi terlaksananya kegiatan tersebut dan tak lupa juga dia mengucapkan selamat kepada ketiga pendeta yang ditahbiskan. Bupati Karo yang diwakili oleh  Kadis Koperidag Ir. Mulia Barus, M.Si dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Pendeta yang ditahbiskan. Lebih lanjut Ir. Mulia Barus mengatakan Bupati Karo menyambut dengan baik apa yang dilakukan Moderamen GBKP memilih Siosar sebagai tempat pentahbisan dengan  demikian semakin banyak orang yang mengenal dan berkujung ke Siosar.

Sementara itu Moderamen GBKP dalam sambutannya yang disampaikan oleh Pdt. Agustinus P Purba, S.Th, MA didampingi anggota Moderamen yang lain juga mengucapkan terima kasih kasih kepada Rg. Bekerah simacem dan juga Rg. Sukameriah sebagai tuan dan nyonya rumah pentahbisan tiga orang pendeta tersebut. Dia juga megucapkan selamat kepada pendeta yang ditahbiskan dan mengingatkan agar tetap menjadi pendeta yang takut akan Tuhan dan melayani dengan tulus dimanapun melayani nantinya.

Pentahbisan ini dimeriahkan oleh trio Alan Dani, paduan suara moria Kabanjahe dan Yohana br Meliala. Hadir juga pengurus Kategorial, unit dan biro pelayanan Moderamen GBKP. (Humas Moderamen/Era Purnama)

 

Komentar

Mungkin Anda Menyukai