Mengejar Ilmu ke Pulau Seberang: Mahasiswa STMIK Neumann ke ITB

STMIK-NEUMANN,GBKP.OR.ID-Wawasan yang luas merupakan salah satu keunggulan yang harus dimiliki wisudawan perguruan tinggi untuk dapat menjadi lulusan unggulan. Pihak perguruan tinggi selalu berusaha untuk memperluas wawasan mahasiswa/i dengan mengadakan kegiatan di luar kampus seperti Kerja Praktik dan Kunjungan ke Dunia Industri. Untuk mewujudkan hal ini, STMIK Neumann secara aktif berusaha untuk memperkaya wawasan mahasiswanya dengan mencari rekanan dan memperluas kegiatan di luar kampus.

Tahun ini, STMIK Neumann bekerja sama dengan Keluarga Besar Karo Institut Teknologi Bandung (KBK ITB), mengirimkan 3 Mahasiswa jurusan Teknik Informatika yaitu: Syavendra Ginting, Lisbet Yosikawa br Ginting dan Suranta Bill Fatrik Ginting, untuk melakukan studi banding ke Institut Teknologi Bandung. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperluas wawasan dan pengetahuan ketiga mahasiswa tersebut melalui kegiatan bersama dosen dan mahasiswa di ITB. Ketiga Mahasiswa tersebut dibimbing oleh dosen tetap Fakultas FMIPA ITB Dr. Eng. Alamta Singarimbun, yang juga merupakan anggota KBK ITB. Studi banding ini dilakukan selama 1 bulan di kampus ITB dan diisi dengan kegiatan perkuliahan yang dilakukan setiap hari dengan dosen pembimbing. Selain itu mahasiswa juga akan berinteraksi dengan mahasiswa lain di ITB dan didorong untuk aktif melakukan diskusi di lingkungan kampus ITB.

Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung salah satu proyek yang sedang berjalan di STMIK Neumann yaitu pembangunan aplikasi permainan elektronik atau yang biasa disebut dengan game. Sekarang ini, Kampus Neumann memiliki 3 buah game yang sedang dikembangkan dan akan diluncurkan dalam waktu dekat; BattleBrain, KaroMeter, dan Boxathon. Melalui kegiatan studi banding ini, STMIK Neumann berharap ketiga mahasiswa tersebut dapat memiliki pengetahuan yang lebih baik lagi sehingga dapat berperan lebih banyak dalam mengembangkan kualitas ketiga game tersebut.

Selain untuk memperluas wawasan ketiga mahasiswa/i tersebut, langkah ini juga diambil oleh STMIK Neumann agar dapat berbenah, terutama dalam metode pengajaran yang dilakukan di ITB. Masukan dan saran yang akan diberikan oleh ketiga mahasiswa tersebut akan menjadi acuan bagi Kampus Neumann dalam meningkatkan Proses Belajar Mengajar. Dengan metode ini, STMIK Neumann berharap dapat selalu memberikan pelayanan pengajaran terbaik di tingkat perguruan tinggi, sesuai dengan semangat yang diturunkan oleh GBKP selaku pemilik Kampus Neumann. Kegiatan studi banding ini, yang rencananya akan dilaksanakan secara kontiniu setiap tahun, merupakan salah satu perwujudan kerja sama yang telah dijalin antara KBK ITB dan Moderamen GBKP untuk meningkatkan kualitas Kampus Neumann. Melalui Rapat Kerja yang telah dilaksanakan pada bulan Januari 2016 lalu, kedua belah pihak telah berkomitmen untuk tetap menjalin kegiatan yang dapat menjadi nilai tambah Kampus Neumann. Ke depannya, Kampus Neumann akan terus menjalin komunikasi dengan KBK ITB dalam upaya untuk menjadi Kampus Komputer Terbaik di Sumatera Utara.

Komentar

You May Also Like