Berita Bencana Gempa Bumi yang melanda Tanzania

Mohon dukungan doa untuk saudara-saudari kita di jemaat Northwestern Diocese. Bencana alam gempa bumi telah melanda Bukoba, Tanzania pada tanggal 10 September 2016 pada pukul 15:27 waktu setempat dan berlangsung selama kurang lebih 5 menit.

Gempa yang berkekuatan 5.7 scala ricter telah mengakibatkan sedikitnya 11 orang mati dan 192 lainnya luka-luka di bagian utara Tanzania. Gempa yang melanda berdekatan dengan perbatasan Uganda dan Rwanda dekat danau Victoria dan terasa samapai ke bagian barat Kenya.

Gempa tersebut telah mengakibatkan kerusakan yang parah, dan jumlah orang-orang yang terluka terus bertambah. Rumah sakit-rumah sakit yang ada tidak mampu lagi menampung korban luka yang membutuhkan perawatan. Gedung-gedung runtuh dan masih banyak orang yang terjebak dibawah reruntuhan bangunan.

Tidak hanya jemaat di Northwestern Diocese Bukoba, kami juga mendapat kabar dari Jemaat di Karagwe bahwa orang-orang disana juga mengalami gempa yang sama. Banyak rumah-rumah yang hancur serta banyak orang yang terluka, dan yang mungkin lebih parah adalah selama kekeringan yang melanda baru-baru ini tanki-tanki air juga ikut rusak.

Bisop Karagwe dan Northwest Diocese, Benson Bagonza dan Abednego Keshomshahara memberitahukan bahwa banyak orang yang mengalami trauma yang buruk karena wilayah ini tidak pernah mengalami kejadian gempa bumi dalam kurun waktu lebih dari 100 tahun.

Bangunan-bangunan gereja serta rumah-rumah penduduk banyak yang hancur dan setidaknya satu gedung aula baru universitas Karagwe Diocese Karuco.

Kedua jemaat Northwestern dan Karagwe Diocese mengharapkan dukungan doa maupun material untuk membangun kembali gedung-gedung gereja serta rumah yang rusak.

Moderamen GBKP menghimbau semua jemaat dan Runggun-Runggun untuk membawa saudara-saudari kita di Tanzania dalam doa syafaat di ibadah Perpulungen Jabu-Jabu serta dalam Ibadah Minggu digereja, agar Tuhan menguatkan semua korban maupun keluarga yang ditinggalkan.

Translated by: Herawaty Bangun (Staff Oikumene)

Komentar

You May Also Like