Ibadah Pembukaan Sinode Godang HKBP ke-63, Pdt. Agustinus Purba : Kegagalan terbesar adalah jika Gereja tidak menjadi berkat bagi dunia

TARUTUNG,GBKP.OR.ID- “Kegagalan terbesar adalah jika gereja tidak menjadi berkat dunia “ pesan ini adalah satu satu pesan yang ditekankan oleh Ketua Umum Moderamen GBKP Pdt. Agustinus P.Purba, S.Th, MA dalam khotbahnya pada ibadah pembukaan Sinode Godang Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) ke-63, selasa (13/09) di Seminarium Sipoholon , Tapanuli Utara ,Sumut.    godang1

godang2

godang3

Lebih lanjut Pdt. Agustinus Purba dalam khotbahnya yang diambil dari kitab Josua 23 : 1-8 mengatakan saat ini nilai-nilai kepemimpinan sudah bergeser dari hakikatnya untuk melayani orang banyak, pergeseran itu terjadi bagaimana pemimpin-pemimpin pada saat ini cenderung hanya ingin membesarkan nama institusi dan personal pribadinya. “ terjadi pergeseran saat ini, pemimpin sudah lupa akan hakekatnya sebagai pelayan orang banyak, namun cenderung hanya ingin membesarkan nama institusi dan personal pribadinya semata” ucapnya. Hal itu juga terjadi pada intitusi gereja, dimana banyak pemimpin-peminpin gereja yang memunculkan persaingan antar mereka, lanjutnya.

Untuk hal itu Pdt. Agustinus Purba mengajak semua peserta Sinode Godang  HKBP dalam menentukan pilihannya untuk melihat kepemimpinan Josua ditengah-tengah pamornya sebagai pemimpin yang mempunyai kharisma dan kekuatan, dia tetap mengandalkan dan menjalankan perintah Tuhan. “ kepada semua peserta yang hadir dalam menentukan pilihan anda, mari kita lihat Josua dalam kepemimpinannya, ditengah-tengah nama besarnya dia tetap mengandalkan dan menjalankan perintah Tuhan” harapnya.

Lebih lanjut Pdt. Agustius mengatakan ditengah-tengah tantangan perkembangan jaman, gereja mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk berpihak kepada orang-orang yang miskin dan tertindas. Dengan demikian kehadiran gereja akan menjadi berkat bagi orang lain . “ ditengah-tengah tantangan jaman, gereja mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk berpihak kepada orang miskin dan tertindas, sehingga demikian kehadiran gereja akan menjadi berkat bagi orang lain” lanjutya.

Di penghujung khotbahnya Pdt. Agustinus Purba mengucapkan atas nama Moderamen GBKP dan jemaat GBKP selamat ber-Sinode Godang dan berharap nantinya pemimpin yang terpilih merupakan sosok terbaik untuk memimpin HKBP.

Sinode Godang HKBP  ke-63 ini akan memilih pucuk pimpinan HKBP yang akan memimpin HKBP selama empat tahun kedepan (Era Purnama/Humas Moderamen)

Komentar

You May Also Like