Konas PGI VI, Gereja dan AIDS dibuka Sekum PGI dan Dirjen P2P Kementrian Kesehatan Republik Indonesia

SUKAMAKMUR.GBKP.OR.ID-Konsultasi Nasional (KONAS) Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia(PGI)  VI  dibuka oleh Sekum PGI Pdt. Gomar Gultom,M.Th ditandai pemukulan gong oleh Direktur Jenderal P2P (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit) Kementrian Kesehatan Dr. H. Mohammad Subuh, MPPM, Selasa (8/11) di Retreat Center GBKP Sukamakmur, Deliserdang.

Acara Konas diawali dengan ibadah raya yang dipimpin oleh Pdt. Krismas Imanta Barus Kabid Persekutuan Moderamen GBKP. Khotbah yang diambil dari kitab Yohanes 5 : 1-8 menceritakan bagaimana Yesus memberikan contoh mencintai dan mengasihi manusia. Berkaitan dengan Konas PGI VI tersebut Pdt. Krismas mengatakan dalam konas ini peserta akan diperhadapkan dengan penemuan-penemuan permasalahan terkait dengan AIDS dan penyebaran narkoba, namun semua itu dapat dijadikan sebagai bahan untuk belajar dari pelayanan yang sudah Tuhan Yesus berikan.

Gereja harus berhati-hati dalam membuat kebijakan terkait AIDS, jangan sampai kebijakan tersebut justru membuat penderita AIDS merasa terkucilkan, harapnya. Untuk itu  konas ini nantinya dapat menjadi suatu momen gerakan bersama pelayanan dalam menekan penyebaran AIDS di indonesia melalui gereja-gereja yang ada di Indonesia, ujarnya.

Sementara itu, ketua panitia pelaksanana Pt Ir Ananta Purba dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di Tanah karo kepada semua peserta dan tamu undangan. Dikatakan bahwa tujuan utama dari pelaksanaan konas ini adalah melahirkan rekomendasi gereja dalam upaya mendukung pemerintah dalam penanggulangan AIDS.  Karena kekhawatiran kita bersama bahwa penyebaran HIV/AIDS saat ini sudah menyebar sampai seluruh pelosok dunia.

Hal senada disampaikan Moderamen GBKP, Pdt Rosmalia br Barus,S.Th selaku Ketua Bidang Diakonia GBKP didampingi pengurus Moderamen lainnya seperti Pdt. Rehpelita Ginting,S.Th,M.Min, Pdt. Yunus Bangun,M.Th dan Dk. Khristiani br Ginting berharap agar ke depan gereja dan pemerintah dapat berjalan beriringan dalam penanggulangan AIDS di indonesia.

Sekretaris Umum PGI, Pdt. Gomar Gultom menyampaikan terima kasih kepada Moderamen GBKP yang dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan Konas VI Gereja dan AIDS tersebut. ”Atas nama PGI kami ucapkan terima kasih kepada Moderamen GBKP atas kesediannya menjadi tuan dan nyonya rumah pelaksanaan Konas VI ini “ ucapnya. Dia juga mengapreasi GBKP dalam pelayanannya kepada masyarakat korban erupsi sinabung yang sudah berjalan kurang lebih 6 (enam) tahun sampai pada saat ini.

Lebih lanjut dikatakan bahwa landasan tema pelaksanaan Konas ini adalah tema dari Sidang Raya PGI beberapa waktu yang lalu di Nias. Salah satu samudera raya yang dihadapi gereja saat ini adalah tingginya penyebaran HIV/AIDS di Indonesia. Maka melalui Konas ini dapat menhasilkan rekomendasi yang dapat digunakan gereja-gereja di Indonesia yang dapat menekan penyebaran HIV/AIDS tersebut.

Sementara itu, Direktur Jenderal P2P Kementrian Kesehatan Dr. H. Muhammad Subuh, MPPM dalam sambutannya mengucapkan selamat atas pelaksanaan Konsultasi Nasional PGI Gereja dan AIDS. Lebih jauh disampaikan bahwa saat ini pemerintah telah merancang program penanggulangan penyebaran AIDS yang bersinergi dengan lembaga-lembaga yang bergerak di bidang penanggulangan penyebaran AIDS.

Dirjen P2P  Kementrian Kesehatan Dr. H. Mohammad Subuh juga menyampaikan ceramah tentang kebijakan pemerintah, termasuk pendanaan dalam pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS. Dilanjutkan dengan Panel tentang arah kebijakan Gereja-gereja (PGI) dalam pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS yang disampaikan Sekum PGI Pdt Gomar Gultom.

Sementara utusan gereja yang telah hadir sampai saat pembukaan utusan dari gereja HKBP, GMIST, GKJW, GKJ, GKI, GMIT, GKMI, Gereja Toraja, GKPA, PGI Wilayah Lampung, GBKP, GPID, GGP.  Termasuk 50 orang anak yang tergabung dalam acara Camp Anak dari utusan masing-masing gereja tersebut. (Era Purnama/Humas Moderamen)

Komentar

You May Also Like