Sekum Moderamen GBKP Sampaikan Orasi Tentang Bhineka Tunggal Ika pada Apel Nusantara Bersatu di Kabupaten Karo

KABANJAHE, GBKP.OR.ID- Apel Nusantara Bersatu dilakukan secara serentak di  seluruh daerah di Indonesia pada rabu (30/11). Dan di Kabupaten Karo dilaksanakan di halaman kantor bupati karo yang dihadiri ratusan orang dari berbagai elemen diantaranya TNI, Polri, Organisasi keagamaan, pelajar, organisasi kemasyarakatan dan kalangan masyarakat umum.

Dalam kesempatan tersebut Moderamen GBKP yang diwakili oleh Sekretaris Umum Pdt. Rehpelita Ginting, S.Th, M.Min berkesempatan menyampaikan orasi tentang Bhineka Tunggal Ika. Dalam orasinya dikatakan bahwa ada empat pilar kebangsaan yang harus terus dijaga yaitu 1. Pancasila; 2. UUD 1945; 3. NKRI dan 4. Bhineka Tunggal Ika. “ Ada empat pilar kebangsaan yang harus terus kita jaga yaitu 1. Pancasila, 2. UUD 1945, 3. NKRI dan 4. Bhineka Tunggal Ika” tegasnya.  Lebih lanjut dikatakannya untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa perlu dikembangkan sikap inklusif, sikap rukun dan damai, sikap musyawarah untuk mencapai mufakat (tidak boleh memaksakan kehendak) dan sikap kasih sayang serta rela berkorban.

Berikut secara lengkap poin-poin yang disampaikan oleh Pdt. Rehpelita Ginting pada acara tersebut .

  1. Indonesia ada adalah anugerah Tuhan karena kita diberikan kekayaan yang luar biasa : Pulau 17.504, suku bangsa 1340 dan bahasa 546.
  2. Sejak berdirinya Indonesia sudah ada dalam kepelbagaian karena itulah cita-cita Gajahmada beberapa abad yang lalu agar nusantara dapat bersatu.
  3. Persatuan dan kesatua Indonesia telah diperjuangkan oleh para pahlawan kita, oleh karena itu kita yang ada saat ini dan kedepan harus mempertahankan kesatuan dalam kepelbagaian dari Sabang sampai Merauke.
  4. Indonesia ada karena kita yang berbeda dan kita yang berbeda disatukan dalam kebhinekaan kita. Biar berbeda-beda tetap satu. Kita tidak boleh terpecah, tercabik oleh perbedaan yang ada. Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh.
  5. Ada empat pilar kebangsaan Indonesia yang harus terus dijaga yaitu : 1. Pancasila; 2. UUD 1945; 3.NKRI; 4. Bhineka Tunggal Ika.
  6. Untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa kita, maka kita harus mengembangkan :
  7. Sikap Inklusif
  8. Sikap rukun dan damai
  9. Sikap musyawarah untuk mufakat (tidak boleh memaksakan kehendak)
  10. Sikap kasih sayang serta rela berkorban.

(Humas Moderamen)

Komentar

You May Also Like