Moderamen GBKP Canangkan Tahun Program 2017

MEDAN, GBKP.OR.ID- Tahun 2017 yang menjadi sasaran program GBKP adalah meningkatkan kemampuan warga GBKP dalam kehidupan berteologia dan menumbuhkan motivasi belajar secara mandiri sesuai dengan yang tertuang dalam GBP (Garis besar Pelayanan) GBKP tahun 2016-2020. Pada selasa (10/01) bertempat di gedung pertemuan Villa Zeqita, Medan Moderamen GBKP mencanangkan tahun program 2017 tersebut. Yang menjadi tuan dan nyonya rumah pencanangan tahun program ini adalah klasis Medan-Kampung Lalang.

Dalam khotbahnya Ketua Umum Moderamen GBKP Pdt. Agustinus P. Purba, S.Th, MA yang diambil dari kitab Matius 28 : 16-20 dikatakan Tuhan telah memperlengapi GBKP untuk memperlihatkan kasihNya, maka dari itu sebagai jemaat GBKP perlu adanya peningkatan keimanan sehingga mampu memperlihatkan kasih Kristus. Keimanan jemaat GBKP harus kokoh, tidak tergantung situasi kehidupan yang mengalami pasang surut. “ GBKP telah diperlengkapi oleh Tuhan untuk menyatakan kasihNya, maka dari itu harus kita tingkatkan keimanan kita, kondisi keimanan kita jangan tergantung pada kondisi kehidupan kita yang mengalami pasang surut, harus kokoh sehingga kita mampu menyatakan kasih tersebut” ucapnya.

canang20171 canang20172

Lebih lanjut dikatakannya bahwa dalam kehidupan tentu ada catatan-catatan kehidupan  yang perlu direnungkan dan diperhatikan. Sehingga dari catatan-catatan tersebut dapat dianalisa perkembangan keimanan, bertumbuh, berjalan ditempat atau bahkan tergerus, lanjutnya.

Tahun ini adalah momentum bagi GBKP untuk memberikan pengajaran yang benar, sesuai dengan tema “ mengajar untuk melakukan. “ tahun ini adalah momentum bagi GBKP untuk memberikan pengajaran yang baik, sesuai dengan tema,mengajar untuk melakukan” ujarnya.

Nats yang diambil tersebut merupakan salah satu perintah terpenting yang diberikan oleh Yesus setelah Dia bangkit dari kematian. Perintah tersebut untuk mengajar orang yang sudah dibabtis dengan pengajaran yang benar karena kehidupan yang benar berasal dari pengajaran firman yang benar, lanjutnya.

Dia juga mengatakan bahwa tahun 2017 GBKP secara sinodal bersama dengan semua jemaat mengalami perubahan yang besar yaitu kehidupan yang benar dan mempunyai integritas, sesuai perkataan dengan dengan perbuatan dan tidak hidup dalam kemunafikan. Dengan demikian kehadiran GBKP dapat membawa perubahan yang lebih baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“ Tahun 2017 ini GBKP secara sinodal bersama dengan jemaat mengalami perubahan yang besar yaitu kehidupan yang benar, mempunyai integritas sesuai perkataan dengan perbuatan, dan tidak hidup dalam kemunafikan, sehingga kehadiran GBKP membawa perubahan yang lebih baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara” tegasnya.

Pada kesempatan itu juga Pdt. Agustinus mencanangkan tahun program GBKP 2017 dengan  ditandai pembukaan logo tema tahunan didampingi oleh Pdt. Rehpelita Ginting, Pt. Mulia Perangin-angin, Pdt. Kongsi Kaban, Pdt. Krismas Barus, Pdt. Rosmalia br Barus, Pdt. Yunus Bangun, Pdt. Sarianto Purba dan Pt. Jetra Sembiring. Dan selanjutnya menyerahkan Vandel dan buku pencanangan kepada perwakilan BPMK se GBKP , kategorial , biro dan unit pelayanan Moderamen GBKP.

Sebelumnya Pdt. Yunus Bangun Kabid Pembinaan Moderamen GBKP menjelaskan mengenai arti dan makna dari logo tema tersebut antara lain ;

  • Latar belakang warna-warni : menggambarkan situasi internasional, nasional dan lokal dalam segala dinamika politik, sosial, ekonomi dan budaya. Tahun 2016 hijau menggambarkan pertumbuhan, GBKP bertumbuh dalam konteks internasional, nasional dan lokal.
  • Lingkaran bulat : adalah lambang kesatuan persatuan GBKP bahwa dalam segala dinamika gereja, GBKP harus tetap bersatu padu didalam Kristus Yesus.
  • Latar lingkaran bulat : menggambarkan budaya karo, artinya bahwa GBKP adalah gereja yang bertumbuh dalam konteks budaya karo.
  • Alkitab : adalah sumber dari pengajaran di dalam GBKP (sola scriptura)
  • Pohon Kayu : Warga GBKP diajar seputar Firman Tuhan untuk terus bertumbuh dan berbuah.
  • Manusia : Berbuah dalam arti melakukan kehendak Allah dalam kehidupan.
  • Merpati : Dalam melakukan kehendak Allah didalam bimbingan dan kuasa Roh Kudus.

Sementara itu Sekretaris Umum Moderamen GBKP Pdt. Rehpelita Ginting, S.th,M.Min dalam sambutannya menghimbau kepada seluruh pekerja gereja dan jemaat untuk tidak mempermasalahkan hal-hal teknis, tetapi sudah saatnya GBKP melakukan apa yang sudah ditetapkan dalam persidangan gereja. Dan apa yang sudah dicanangkan gereja dapat terus dilakukan tidak berhenti di tingkat Moderamen saja tapi berlanjut ke tingkat klasis dan runggun-runggun. Tak lupa juga Pdt. Rehpelita Ginting mengucapkan terima kasih kepada klasis Medan-Kampung Lalang dan panitia yang sudah bekerja dengan keras mempersiapkan acara pencanangan tersebut.

Pdt. Arapen Perangin-angin M.Th selaku ketua panitia pencanangan mengucapkan terima kasih kepada Moderamen GBKP yang sudah mempercayakan klasis Medan-Kampung lalang sebagai tuan dan nyonya rumah. Tak lupa juga dia mengucapkan terima kasih kepada semua donatur dan pihak-pihak terkait yang medukung terselenggaranya acara tersebut. Turut juga memberi sambutan Ketua Klasis Medan-Kampung Lalang Pdt. Agustinus Sembiring, mewakili klasis Pdt. Firman Barus dari klasis Dairi, mewakili kategorial Pdt. Samuel Tarigan dan mewakili unit dan biro Pdt. Mestika Ginting dari YKPC Alpha Omega. (Humas Moderamen)

Komentar

You May Also Like