Pembukaan Konas Pelayanan Anak ke 5

JAKARTA,PGI.OR.ID-Ketua Umum PGI Pdt. Dr. Henriette Hutabarat-Lebang membuka secara resmi kegiatan Konsultasi Nasional (Konas) Pelayanan Anak ke 5, Rabu (22/2) di Lantai 5 Grha Oikoumene Jakarta. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Biro Perempuan dan Anak PGI ini, akan berlangsung sejak 22-25 Februari 2017.

Dalam sambutannya, Pdt. Henriette Lebang menegaskan, kegiatan Konas merupakan sarana untuk berbagi dan saling melengkapi dalam menyikapi pelayanan anak, dan juga sebagai wujud kepedulian kita sebagai komunitas yang penuh sukacita ketika menyambut kehadiran seorang anak.

Lebih jauh dia menjelaskan, seiring berjalannya pertumbuhan anak, perlindungan terhadap anak seakan menipis, dan anak pun akhirnya dianggap sebagai beban, terlebih di tengah himpitan ekonomi keluarga. “Anak akhirnya kerap kena marah, dicerca, dan dianggap tidak berharga. Relasi yang dikembangkan menjadi relasi yang tidak akrab dengan anak, rumah pun tidak lagi nyaman bagi anak,” jelasnya.

Anak akhirnya tidak jarang dijadikan sebagai objek, dan tidak dilihat secara utuh. Perdagangan dan pelecehan seskual terhadap anak semakin meningkat, termasuk anak dengan kebutuhan