ROMBONGAN SINODE BNKP MENGUNJUNGI UNIT- UNIT CUM GBKP,Badan Pusat C.U.M : “Asset Komunitas C.U.M Sebenarnya Adalah Loyalitas Anggota Kita”

KABANJAHE,GBKP.OR.ID-Dalam rangka mendorong pemberdayaan masyarakat berpenghasilan ekonomi menengah dan bawah serta usaha mikro, BNKP (banua Niha Kariso Protestan) mengutus rombongan untuk mengikuti pelatihan di BPR PPK dan Unit C.U.M GBKP. Kegiatan ini dilaksanakan mulai 10 Februari 2017 s/d 10 Maret 2017. Proses pelatihan yang difasilitasi Moderamen GBKP (Cq Kabid Diakonia) dengan UEM Regional Asia.

Adapun secara khusus unit C.U.M yang dikunjungi rombongan BNKP mulai tanggal 24 Februari 2017 s/d 3 Maret 2017 yakni Unit C.U.M Arih Ersada (GBKP Raya), Unit C.U.M Sada Arih (GBKP Bawang), Unit C.U.M Ulih Arih Ersada (GBKP Basam), Unit C.U.M Sempabu (GBKP Tiga Jumpa), Unit C.U.M Tamariska (GBKP Tiga Panah), CUM Mitra Kasih (GBKP Klasis L.Pakam), Unit CUM Anthiokia (GBKP Klasis K.Jahe-T.Panah), Unit CUM MENARA (GBKP Klasis Menara).

Dalam Kunjungan tersebut rombongan dapat memantau langsung operasional C.U.M. sekaligus melakukan wawancara dengan pengurus dan manager C.U.M tentang eksistensi komunitas diakonia transformative ini dalam pelayanan gereja, mendengarkan kesaksian manager dan pengurus dalam menghadapi tantangan dalam pengembangan C.U.M dalam mendukung visi dan misi GBKP, bahan Rapat Tahunan Anggota Penuh (RTAP) serta pemaparan progress C.U.M oleh masing-masing Manager unit C.U.M dalam penguatan jemaat dalam ekonomi mikro dengan membudayakan penabungan saham dan berdiakonia secara bergotong royong. Manager Unit C.U.M yang hadir antaralain Pdt. Miron Y. Sitepu, Pdt. Novita H.R. br Surbakti, Pdt. Perinatalia br Sitepu, Pdt. Lestari br Tarigan. Rombongan dalam kegiatannya didampingi Pengurus Badan Pusat CUM GBKP Pdt. Petros A.Sitepu dan Pdt. Anna Juli M. br Surbakti, M.Si mewakili Kabid Diakonia sekaligus vice moderator UEM Asia Pdt. Rosmalia br Barus yang terlebih dahulu memberikan saran serta arahan pendampingan.

Selain itu banyak pertanyaan yang disampaikan berkaitan dengan proses investasi serta penanganan investasi bermasalah (NPL), pengurus unit C.U.M  melalui tim Investasi memaparkan proses serta upaya konkret dalam menanganinya. Hal ini dikarenakan BNKP juga memiliki beberapa pengalaman kurang baik dengan pengelolaan lembaga keuangan konvensional. Dimana banyak anggota yang tidak mengembalikan pinjaman, uang anggota yang diselewengkan pengurus, serta tidak adanya transparansi karena laporan hanya sekali setahun.

Dalam ramah tamah dengan moderamen, tgl 2 Maret 2017 di aula kantor Moderamen, Pdt. A.P. Purba, M.A mengatakan hubungan antara GBKP dan BNKP sudah lama terjalin dengan baik. Diharapkan dengan adanya kunjungan serta pelatihan ini hubungan tersebut dapat lebih memaksimalkan pelayanan baik sinode GBKP dan BNKP ke depan. Dalam ramah tamah tersebut turut hadir semua Kabid, Sekum serta Wasekum yang diakhiri dengan makan siang bersama.

Disela-sela kunjungan tersebut, Badan Pusat juga memberikan gambaran tentang prinsip dan tujuan C.U.M yang ada dalam pelayanan GBKP. Eksistensi C.U.M sebagai Komunitas Diakonia Transforamatif memang selalu dikaitkan dengan CU atau koperasi, namun yang pasti C.U.M menjadi salah satu alternative pengembangan pelayanan gereja yakni perpanjangan tangan tangan gereja dalam pelayanan holistik, yakni melayani kebutuhan rohani dan tantangan yang dihadapi jemaat dalam memenuhi kebutuhan kesehariannya. Asset C.U.M sebenarnya adalah loyalitas anggota kita. Kita tidak melihat anggota dari hartanya, tetapi dari hatinya untuk berdiakonia terhadap sesama. Bersama menguatkan iman percaya, “Sada bagin arah kita, Dua bagin arah penampat temanta”.

Adapun rombongan BNKP tersebut yakni Mei Fiktor Jaya Harefa S.Th, Noadi Harefa, S.E, Kornelius Menderofa, Amd.Ak, Cytra Febriani Harefa, S.Pd serta Aleks Harefa, S.E merupakan tim yang akan membentuk LKM (Lembaga Keuangan Mikro) di BNKP. Badan Pusat C.U.M GBKP mengucapkan terimakasih kepada semua pengurus unit C.U.M atas kerjsama yang baik dalam kunjungan rombongan BNKP.(Pdt.Petros Sitepu.Fulltimer C.U.M)

Komentar

You May Also Like