HUT 127 Tahun GBKP : Ziarah, Napak Tilas dan Kebaktian Kebangunan Iman.

SIBOLANGIT.GBKP.OR.ID- Tahun 2017 GBKP memperingati hari ulang tahunnya yang ke-127 tahun. Kegiatan tersebut diwarnai dengan berbagai kegiatan yang dilakukan di berbagai tempat seputaran tanah karo. Diawali dengan ziarah ke makam penginjil selasa(18/04) di Taman Marturia Sibolangit yang dibuka dengan kebaktian di gereja GBKP Sibolangit yang dibawakan oleh ketua umum Moderamen GBKP Pdt. Agustinus P.Purba, S.Th. MA.

Dalam khotbahnya yang diambil dari kitab 1 Johanes 1: 4  dikatakannya dalam usia GBKP yang ke 127 saatnya jemaat untuk merenungkan apa yang sudah dilakukan oleh penginjil-penginjil pertama kepada masyarakat karo di desa Buluh Awar sehingga akhirnya pada saat itu masyarakat dapat menerima berita keselamatan.

Lebih lanjut dikatakan Pdt. Agustinus bahwa usia 127 tahun tersebut bukan suatu kebetulan tapi merupakan berkat Tuhan sebagai bentuk panggilan untuk menjadi saksi Kristus. Dan seiring dengan perkembangan jaman, dia mengajak semua jemaat untuk kembali merenungkan perbuatan dalam kehidupan sehari-hari apakah sudah mencerminkan tingkah laku sebagai seorang saksi Kristus.

“ Saatnya kita merenungkan, apakah perbuatan dan tingkah laku kita selama ini sudah mencerminkan sebagai saksi Kristus” ajaknya

Selanjutnya setelah khotbah acara dilanjutkan dengan jiarah ke makan para penginjil di Taman Marturia Sibolangit.  Peletakan buka dilakukan oleh Moderamen GBKP dan diikuti oleh Moderamen GBKP periode sebelumnya, pengurus klasis, pengurus unit dan biro serta undangan yang hadir. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan acara tiup lilin dan pemotongan tumpeng yang terbuat dari cimpa matah.

 Madih pada hari yang sama dilakukan ceramah dan diskusi sejarah pengkabaran injil bagi orang karo yang dilakukan di gereja GBKP Buluh awar yang dibawakan oleh tiga orang narasumber yaitu Pdt. MP Barus, Pdt. Selamat Barus dan Pdt. MW Tarigan. Masing-masing pembicara tersebut memaparkan tentang pekabaran injil dan perkembangannya hingga berdirinya GBKP. Hasil ceramah dan diskusi tersebut direncanakan disusun menjadi sebuah buku yang menjadi referensi bagi GBKP.

Rangkaian acara lainnya yaitu napak tilas dari desa Bukum menuju desa Tanjung Barus untuk mengenang pengorbanan para pengkabar injil terdahulu yang melintasi hutan dan perbukitan untuk menuju daerah pelayanannya. Sebelumnya dilakukan malam puji-pujian di desa Bukum yang dipimpin oleh Pdt. Masada Sinukaban. Serta kebaktian kebangunan iman dan meditasi dilaksanakan di desa Tanjung Barus yang dipimpin oleh Kabid Koinonia Moderamen GBKP Pdt. Krismas Imanta Barus. Walau hujan deras turun tidak menyurutkan semangat ratusan jemaat mengikuti acara hingga selesai.

Rangkaian kegiatan peringatan HUT GBKP ini akan berlansung hingga Mei, dengan pelaksanaan KKI di tiga desa dan aksi peduli kebersihan lingkungan Sibolangit-Penatapan-Berastagi sepanjang jalan Jamin Ginting. (Humas Moderamen)

Komentar

You May Also Like