PEMBANGUNAN ASRAMA JUMA LINGGA, MENDESAK SIFATNYA

PEMBANGUNAN ASRAMA JUMA LINGGA, MENDESAK SIFATNYA

(Pdt.Mestika N.Ginting, STh,M.Psi)

======================================================================

KABANJAHE.GBKP.OR.ID- YKPD (sebelumnya YKPC) GBKP Alpha Omega merupakan alat pelayanan GBKP memenuhi tugas panggilannya sebagai Gereja, dibidang Diakonia.  Yayasan mempunyai Visi dan Missi untuk Mensejahterakan hidup Penyandang Disabilitas.  Dalam melakukan pelayanannya, khususnya di asrama dan sekolah dengan strategi berupaya merehabilitasi, memandirikan, terapi dan vocasional, dengan tujuan supaya mereka dapat berdaya sehingga bisa berpartisipasi aktif dalam masyarakat serta dan mengadvocasi hak mereka secara mandiri. (lihat UU no. 8 tahun 2016 tentang Hak-hak Penyandang Disabilitas) Dari tahun ke tahun anak yang diasuh dan dididik semakin bertambah, tentu disertai pertambahan usia mereka juga. Hal ini tentu saja berdampak kepada :

  1. Berkurangnya jumlah siswa SLB yang tinggal di Asrama, sebab 35 orang dari 88 Disabilitas yang tinggal di asrama telah melampaui usia sekolah di SBL-C (Disabilitas Mental), yaitu 25 Tahun.
  2. Penghuni Asrama sudah over cavasity (hanya bisa menampung maksimal 80 orang), mengakibatkan Alpha Omega tidak bisa menerima disabilitas baru/usia sekolah untuk tinggal Di Asrama.
  3. Banyaknya daftar tunggu disabilitas, karena asrma tidak bisa menampung orang baru lagi.
  4. Hari ini, terdapat 12 dari 35 orang disabilitas yang berusia diatas 25 Tahun diatas tidak bisa diberdayakan di vokasional karena parahnya tingkat disabilitas mental mereka, dan tentu saja akan bertambah setiap Tahunnya. Tentu, hal ini berdampak bertambahnya jumlah disabilitas yang harus di assestmen khusus di Asrama.
  5. Di sisi lain,  perkembangan dunia pelayanan yang menuntut kelayakan hidup mereka di panti, sejalan dengan tuntutan akreditasi panti oleh Kementrian Sosial RI, juga menuntut kami harus menambah Asrama yang layak serta dapat menampung lebih banyak anak Disabilitas.
  6. Dekatnya Lokasi lama (Kabanjahe) dengan pasar/ keramaian, jurang dibelakang Asrama yang semakin terkikis dan ditambah pembangunan Menara GBKP sebagai salah satu tujuan wisata GBKP, pengembangan Gedung Serbaguna GBKP Rgn Kabanjahe Kota juga mempersempit ruang gerak kami dalam melakukan assessment kepada disabilitas mental, karena kami harus memagar supaya mereka tidak keluar/ mengganggu; padahal mereka butuh lokasi yang luas dan aman. Dan, beberapa alasan logis lainnya.

Adapun Kronologis Pembangunan ini adalah :

Perencanaan Pembangunan Asrama ini merupakan salah satu rekomendasi Seminar dan FGD tentang kebutuhan pengembangan pelayanan Alpha Omega kedepan, pada kegiatan Pra HUT Alpha Omega ke-25, tepatnya 21 Juli 2013. Untuk merealisasikan hasil rekomendasi diatas, secara Maraton sudah didiskusikan serta disepakati untuk membangun Juma Lingga menjadi Pusat Pemberdayaan Disabilitas serta Agro Wisata, dimana prioritas utama adalah membangun Asrama dan Sekolah.  Dan Setelah kedua gedung itu selesai dibangun, direncanakan untuk segera memindahkan Asrama dan SLB Kabanjahe ke Juma Lingga, dan gedung lama akan dijadikan pusat pelatihan dan terapi disabilitas YKPD GBKP Alpha Omega. Di tahun 2014 s/d Sinode 2015, secara estafet kami sudah membuat perencanaan dengan menuangkannya kedalam Side Plan, Master Plan, Gambar semua bangunan baru serta menuangkannya kedalam Maket. Lalu perencanaan ini kami usulkan di Sidang Sinode.. Puji Tuhan, Sidang Sinode memutuskan untuk membangun Juma Lingga untuk segera dikerjakan dengan mengangkat Panitia Pembangunannya.

Namun, Selama 2015 – 2016, Kami belum berhasil menemukan sosok Panitia yang bersedia melaksanakan pembangunan juma ini secara menyeluruh. Puji Tuhan, Senen, 3 April 2017, dalam Audensi kami dengan Moderamen GBKP menyepakati untuk membangun Juma Lingga sebagai Pusat Pemberdayaan Disabilitas serta Agro Wisata, secara bertahap. Adapun tahapan pembangunannya adalah :

a. Tahun I-V, Pembangunen Asrama (Putra dan Puri, masing-masing 5 buah), Sekolah, rumah pegawai dan flyng fox area.

2017 : Pembangunan 2 Wisma Asrama

2018 : Tambahan Pembangunan 3  Wisma Asrama

2019 :  Pembangunan 5 Wisma Asrama

2020 :  Pembangunan SLB Alpha Omega

2021 :  Pembangunan Rumah pegawai dan  Flying fox area

b.Tahun VI – X, (2022 – 2026) : Pembangunen Gedung dan fasilitas Fisioterapi, Kantor, Gudang, Rumah Adat, Workshop dan Kolam dan Teras Kayu pinggir jurang dan Capel.

c.Tahun XI – XV (2027 – 2031) : Pembangunan Sapo PA,  Kantin, Sapo duduk, Aksen Jalan Mobil dan jalan kaki, Parkiran, dsb

Adapun tujuan percepatan pembangunan 2 wisma Asrama baru (tahapan 1,2017) ini adalah :

  1. Menjadi tempat bagi disabilitas 48 orang dewasa. Meskipun saat ini masih berjumlah 35 orang, namun pasti akan bertambah setiap Tahun.
  2. Alpha Omega dapat segera menerima anak disabilitas baru (Usia Sekolah) untuk belajar di Sekolah Formal dan di Asrama Kabanjahe.
  3. Membangun kemandirian mereka dalam aktivitas kerumah-tanggaan sebab di Asrama baru mereka akan di assesment dengan program yang khusus sesuai dengan kemampuan mereka pula.
  4. Memungkinkan GBKP menerima Disabilitas yang Usia Dewasa pula, sebab ada banyak pula pendaftar yang terpaksa kami tolak/ tersyarat usia selama ini.
  5. Program rehabilitasi, kemandirian dan pelatihan akan fokus kepada jenis dan tingkat disabilitas serta usia mereka.
  6. Alpha Omega akan memenuhi tuntutan akreditasi panti oleh Kementrian Sosial RI, khususnya dalam fasilitas dan program pemberdayaannya.
  7. Dapat menampung 240 orang Disabilitas di Asrama baru Juma Lingga.
  8. Menambah kenyamanan hidup bagi semua penyandang disabilitas dampingan Alpha Omega dan memperluas ruang gerak Alpha Omega dalam meng-assement mereka.

            Adapun Anggaran Biaya yang dibutuhkan untuk membangun 2 buah Gedung Wisma/ Asrama diatas, adalah :

NO Jenis Pekerjaan   HARGA(Rp) KETERANGAN
1 Pendahuluan  38.939.069  Persiapan lahan
2 Struktur dan Pasangan 393.368.981  
3 Atap dan Plafont 320.576.774  
4 Lantai 84.510.967  
5 Pintu, Jendela, Pengunci 39.774.769  
6 Listrik 8.884.000  
7 Plumbing 14.511.964  
8 Finishing 25.482.605  
  JUMLAH  887.110.060  

Demikian Berita Pembangunan ini kami sampaikan kepada semua pembaca Maranatha, jemaat GBKP dan Masyarakat yang terpanggil untuk berpartisipasi dalam pembangunan ini, dimanapun kita berada, kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuannya.

Salam Damai Sejahtera kami, Keluarga Besar YKPD GBKP Alpha Omega. Tuhan itu baik!!!

 

Komentar

You May Also Like