Sidang MPL PGI 2017- Pdt. Rehpelita Ginting: saat ini gereja diperhadapkan dengan berbagai persoalan

SUKAMAKMUR,GBKP.OR.ID- Sidang MPL PGI Wilayah SUMUT  secara resmi dibuka oleh perwakilan pemerintahan Sumatera Utara yang diwakili olehg Kadis Arsip dan Perpustakaan Pemprov Sumut Ferlin H.Nainggolah, SH. Sidang MPL PGI akan berlangsung di retreat center GBKP Sukamakmur Deliserdang, 25-28 April 2017.

Khotbah dalam kebaktian pembuka dibawakan oleh Sekum Moderamen GBKP Pdt. Rehpelita Ginting S.Th, M.Min. Dalam khotbahnya yang diambil dari kitab mazmur 71: 20 mengatakan bahwa saat ini gereja-gereja diperhadapkan dengan persoalan-persoalan dan isu-isu yang bekembang dimasyarakat seperti narkoba, judi, intoleransi dan permasalahan radikalisme. Dan untuk itu tema dari Sidang MPL PGI 2017 “ Tuhan mengangkat kita dari samudera raya” sangat relevan dengan kondisi saat ini, dimana samudera raya diibaratkan sebagai suatu kondisi yang tidak nyaman dan penuh dengan tantangan.

“ Tema kita saat ini sangat relevan dengan kondisi ditengah-ditengah masyarakat yang penuh tantangan seperti narkoba, judi, radikalisme dan intoleransi, dimana samudera raya diibaratkan dengan kondisi tersebut” ucapnya.

Maka dari itu diharapkan melalui MPL PGI 2017 tersebut dapat dihasilkan program-program dan keputusan strategis yang “mengangkatkan” gereja dan masyarakat dari samudera raya tersebut. “ maka dari itu melalui MPL PGI ini dapat kita hasilkan program kerja dan keputusan strategis, yang mengangkatkan kita dari samudera raya” harapnya.

Sementara itu Ketua Umum Moderamen GBKP Pdt. Agustinus P.Purba dalam sambutannya mewakili Moderamen GBKP mengucapkan terima kasih atas kepercayaan PGI Wil. Sumut menunjuk GBKP sebagai tuan dan nyonya rumah pelaksanaan MPL PGI Wilayah SUMUT 2017. “ Terima kasih kepada PGIW Sumut atas kepercayaannya menunjuk GBKP menjadi tuan dan nyonya rumah pelaksanaan MPL PGI 2017” ucapnya. Lebih lanjut ketua umum Moderamen meminta maaf apabila ada kekurangan-kekurangan dalam pelaksanaan MPL PGI 2017 tersebut, karena GBKP saat masih diperhadapkan dengan permasalahan erupsi sinabung yang masih terus berlanjut sampai saat ini.

Gubernur Sumatera Utara yang diwakili oleh Kadis Perpustakaan dan Arsip Pemprovsu Ferlin H. Nainggolan SH  mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan MPL PGI tersebut karena akan mengevaluasi program dan menghasilkan program serta kebijakan bagi perkembangan jemaat yang akan membantu mensukseskan program pemerintah.  “ pemerinta sumatera utara sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena disini akan dilakukan evaluasi dan pembahasan program-program kedepan bagi pertumbuhan jemaat, dimana itu akan membantu pemerintah dalam mensukseskan program yang sudah direncakan” ujarnya.

Lebih lanjut Gubsu mengharapkan dukungan pemuka-pemuka agama dapat memberikan pencerahan kepada jemaatnya, sehingga kerukunan dan keharmonisan antar umat beragama di sumatera utara dapat terus terjaga seperti saat ini.

Sementara Ketua Umum PGIW Sumut Bishop Darwis Manurung,M.Psi dalam sambutannya tak lupa mengucapkan terima kasih kepada panitia dan GBKP atas kesediannya menjadi tuan dan nyonya rumah pelaksanaan PML PGI wilayah Sumut. Dia juga mengatakan dalam MPL PGI 2017 tersebut juga akan diagendakan pemilihan pengurus pada beberapa posisi yang kosong di MPH PGI Wil. Sumut.

Dalam kesempatan tersebut juag dilakukan pemberian kain ulos bagi perwakilan pemerintahan yang hadir. Hadir dalam kesempatan tersebut wakil Bupati Karo Corry Sebayang, Bupati Deliserdang Ashari Tambunan, dan Pengurus PGPI Sumut dan NAD Pdt. Baginda Nainggolan. (Humas Moderamen)

Komentar

You May Also Like