Umat Kristen Tanah Karo Doa Bersama bagi Keutuhan Bangsa ,Pdt. Agustinus : Ini adalah bentuk kecintaan terhadap NKRI

KABANJAHE,GBKP.OR.ID. Bertempat di komplek GBKP Rg. Kabanjahe Kota ratusan umat kristen yang terdiri dari berbagai denominasi di Tanah Karo berkumpul  dan melaksanakan doa bersama bagi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Doa  bersama ini dilakukan senin (05/06).

Khotbah dibawakan oleh Ketua Umum Moderamen GBKP Pdt. Agustinus P.Purba, S.Th MA yang mengabil ayat dari kitab Efesus 4 : 2-4 dan Roma 8 : 15. Pdt. Agustinus mengatakan bahwa berkumpulnya umat kristen pada hari tersebut bukan merupakan bentuk “gagah-gagahan” untuk menunjukkan kekuatan, tetapi melainkan bertujuan untuk menunjukkan rasa cinta kepada NKRI  karena belakangan ini banyak pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang mencampur adukkan agama dengan politik yang memunculkan keresahan di tengah-tengah masyarakat.

“ Saudara-saudaraku kita berkumpul hari ini bukan untuk gagah-gagahan, menunjukkan kekuatan, tetapi merupakan suatu bentuk rasa cinta kita kepada NKRI dari orang-orang yang ingin memecah belah negara ini, merongrong Pancasila sebagai dasar negara dan mencampur adukkan agama dengan politik, yang memunculkan keresahan di tengah-tengah masyarakat”  ucapnya yang disambut tepuk tangan dari jemaat yang hadir.

Di juga menekankan bahwa gereja harus menjadi garam dan terang bagi dunia, sehingga kehadirannya ditengah-tengah masyarakat, bangsa dan negara dapat dirasakan manfaatnya. “ gereja harus menjadi garam dan terang bagi dunia, sehingga kehadirannya dapat dirasakan” tegasnya.

Lebih lanjut juga diingatkan Pdt. Agustinus bahwa gereja hadir di dunia sebagai pembawa kedamaian.

Dalam kesempatan ini juga turut memberikan orasi kebangsaan diantaranya  Ketua BKAG Kab. Karo, Pdt. H Pasaribu Pimpinan Resort Kabanjahe dan Pdt. Rehpelita Ginting. Pdt. Rehpelita Ginting Menekankan pentingnya empat pilar kebangsaan yang harus dijaga oleh semua elemen bangsa Indonesia. Empat pilar itu adalah Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Selain doa bersama bagi keutuhan NKRI juga dibacakan deklarasi oleh pimpinan gereja yang diikuti semua jemaat yang hadir. Deklasrasi tersebut berisikan “ Kami umat kritiani Tanah Karo bersatu teguh melaksanakan tujuan Allah di dunia yaitu menciptakan keadilan, perdamaian dan keutuhan ciptaan serta bertanggung jawab mewujudkan keluarga Allah yang damai, rukun, adil dan saling menerima sesuai dengan dasar Negara Republik Indonesia  yaitu Pancasila “

Turut hadir dalam kesempatan ini perwakilan dari HKBP, GKPS, GKMI, GPDI dan gereja-gereja lain yang ada di Tanah Karo. Dan yang menjadi ketua pelaksana adalah Pdt. Surya Sembiring (Ketua Klasis Kabanjahe-Sukarame) dan Sekretaris Pdt. Merdiansa P Ginting (Ketua Klasis Kabanjahe). (Humas Moderamen)

Komentar

Mungkin Anda Menyukai