Untuk Ketiga Kalinya Moderamen GBKP Bekerja sama dengan RS ASAN Korea Selatan adakan Pengobatan Gratis.

KABANJAHE, GBKP.OR.ID- Untuk ketiga kalinya Moderamen GBKP bekerja sama dengan Rumah Sakit ASAN dari Korea Selatan mengadakan pengobatan gratis yang diadakan di GBKP Rg. Simpang Enam, Klasis Kabanjahe-Tigapanah. Pengobatan gratis ini berlangsung dari 12-14 Juni 2017.

Ketua Umum Moderamen Pdt. Agustinus P. Purba, S.Th, MA dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada RS ASAN atas kepedulian terhadap Tanah Karo dengan mengadakan pengobatan gratis tersebut. “ Atas nama Moderamen dan seluruh jemaat GBKP, kami mengucapkan terima kasih kepada RS ASAN atas kepedulian yang ditunjukkan kepada Tanah Karo dengan mengadakan pengobatan gratis ini “ ucapnya.

Sementara itu KABID DIKAONIA Moderamen Pdt. Rosmalia br Barus menerangkan bahwa pengobatan gratis yang diadakan tersebut merupakan pengobatan yang ke-3 kalinya dilaksanakan oleh Moderamen GBKP bekerja sama dengan RS ASAN. Pdt. Rosmalia juga mengatakan bahwa pengobatan gratis tersebut ditujukan bagi semua kalangan tanpa membedakan suku dan agama  dan pelaksanaannya tetap dengan kesepakatan yang sudah disepakati yaitu dengan menggunakan kartu yang sudah disediakan oleh panitia yang sudah didistribusikan ke klasis-klasis seputar Berastagi-Kabanjahe dimana klasis akan mendistribusikannya ke runggun-rungun. Selain ke klasis seputar Berastagi-Kabanjahe kartu juga telah dibagikan ke masyarakat luas dan posko-posko pengungsian.

Lebih lanjut diterangkan Pdt. Rosmalia bahwa RS ASAN mengirim 8 orang tenaga dokter spesialis, 4 tenaga farmasi dan sejumlah perawat. Tim dari RS ASAN ini berjumlah 47 orang” terangnya. Dia berharapa dengan adanya pengobatan gratis ini dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat yang berobat.

Animo Masyarakat yang tinggi

Pengobatan gratis yang dilakukan selama tiga hari tersebut diikuti masyarat yang berobat lebih dari 1000 orang. Hal ini disampaikan oleh Ketua Panitia Pdt. Dormanis Pandia yang juga menjabat sebagai ketua penanggulangan bencana GBKP. “ selama tiga hari pelaksanaan pengobatan gratis ini, lebih dari 1000 orang yang mendaftar dan berobat” ucapnya.

Dia juga menuturkan tim dari RS ASAN tidak hanya memberikan medical checkup saja namun juga melakukan tindakan lanjutan seperti operasi untuk beberapa jenis penyakit, seperti katarak pada mata dan daging tumbuh. Serta beberapa orang pasien akan dibawa ke RS ASAN di Korea Selatan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut disana.

Pdt. Dormanis juga menyampaikan bahwa kegiatan ini dipersiapkan dengan matang dengan melibatkan relawan dari ASIGANA(Anak Singuda Tanggap Bencana) GBKP, YAKES(Yayasan Kesehatan) GBKP dan Jemaat GBKP Simpang Enam sebagai tempat pelaksanaan kegiatan tersebut. “ Untuk kegiatan ini kita persiapkan dengan matang, kita libatkan ASIGANA GBKP, YAKES GBKP dan jemaat kita di Simpang Enam” terangya.

Semua panitia yang dipersiapkan tersebut mempunyai tugas dan fungsi masing-masing, dari mempersiapkan tempat, administrasi, trasnportasi, penterjemah dan hal-hal lain yang diperlukan.

Penutupan pengobatan gratis ini dilakukan dengan jamuan makan malam Moderamen GBKP bersama dengan rombongan RS ASAN dan panitia serta semua pihak yang medukung kegiatan tersebut. (Humas Moderamen)

Komentar

Mungkin Anda Menyukai