Sikapi Masalah Sosial, Moderamen adakan Pertemuan dengan Klasis , Biro dan Unit Pelayanan

KABANJAHE,GBKP.OR.ID- Menyikapi masalah sosial yang terjadi ditengah-tengah masyarakat dan dampak erupsi sinabung Moderamen GBKP mengadakan pertemuan dengan Klasis, Unit dan Biro pelayanan Moderamen GBKP, Kamis (29/06) di Aula Kantor Moderamen GBKP, Jl. Kapt. Pala Bangun No. 66, Kabanjahe.

Dalam persentasinya Kabid Diakonia Moderamen GBKP Pdt. Rosmalia br Barus menjelaskan bahwa sampai saat ini masyarakat seputaran sinabung masih terjebak dalam keterpurukan ekonomi akibat eruspsi sinabung yang masih berlanjut sampai saat ini. “ masyarakat seputaran sinabung masih terpuruk ekonominya, akibat erupsi sinabung sampai saat ini “ ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa masyarakat yang terkena dampak erupsi sinabung mengalami perubahan dalam kehidupannya seperti perubahan pola budidaya (contoh dari bertani menjadi peternak), perubahan sumber kehidupan (dari tetap menjadi tidak tetap), perasaan aman dan nyaman (menjadi ke arah keterancaman) dan kekuatan modal mandiri ( menjadi ketergantungan dari pihak lain) , terangnya.

Maka dari itu Pdt. Rosmali br Barus mengharapkan sebagai gereja dapat melakukan tindakan tanpa harus menunggu terlebih dahulu apa yang dilakukan oleh pemerintah. “ maka dari itu sebagai gereja kita harus melakukan tindakan, tanpa harus menunggu terlebih dahulu dari pemerintah” harapnya.

Terkait kondisi sosial masyarakat Pdt. Rosmalia br Barus juga menyinggung masalah NKRI serta indikasi radikalisme masuk ke tanah karo. Masalah kesehatan dimana beberapa waktu yang lalu GBKP bekerja sama dengan RS ASAN Korea melakukan aksi sosial pengobatan gratis dan dari data yang diperoleh dari kegiatan tersebut memperlihatkan banyaknya pasien yang berobat terindikasi penyakit paru dan kanker.

Klasis yang hadir juga menginformasikan bahwa di daerah pelayanan mereka juga terjadi masalah-maslah sosial seperti perjudian, narkoba dan HIV/AIDS yang penanganannya membutuhkan suatu gerakan bersama mulai Moderamen, Klasis sampai kepada runggun.

Menangapi semua itu, ketua umum Moderamen Pdt. Agustinus Purba mengatakan akan segera melakukan klasifikasi permasalahan baik permasalahan sinabung serat permasalahan sosial masyarakat dan segera mengambil sikap untuk permasalahan tersebut.

Dihadiri Kapuslitbang Kejaksaan  Agung RI   

Diskusi tersebut juga dihadiri oleh Kapuslitbang  Kejaksaan RI John W Purba yang memberikan masukan serta memberikan semangat kepada peserta yang hadir dalam menghadapi permasalahan sinabung maupun permasalahan sosial masyarakat.

Terkait permasalah perjudian dan narikoba, John W Purba memberi saran agar Moderamen mengirimkan surat kepada pihak terkait yang dilengkapi data dan fakta yang ditembuskan kepada semua tingkatan pimpinan pihak terkait tersebut.

John W Purba juga mengatakan bahwa dia mempunyai rencana untuk membuka Yayasan Kesejahteraan Sosial Anak di Tanah Karo yang bertujuan untuk  mendidik dan mempersiapkan anak menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas secara rohani dan jasmani.

Atas kehadiran John W Puba Moderamen GBKP mengucapkan terima kasih dan mendoakan agar rencana membuka yayasan tersebut dapat berjalan dengan lancar. Acara ditutup dengan kegiatan makan siang bersama. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Pdt. Kongsi Kaban, Pdt. Krismas Barus, Pt. Mulia Peranginangin, Dk. Khristiani br Ginting dan Pt. Jetra Sembiring. (Humas Moderamen)

Komentar

You May Also Like