Sambut Tahun Prioritas Program 2018, Moderamen GBKP Rapat Koordinasi dengan Biro dan Unit Pelayanan

KABANJAHE,GBKP.OR.ID. Tahun 2018 GBKP akan memasuki tahun prioritas program  : menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran warga GBKP  dalam bidang politik, hubungan dengan masyarakat dan pemerintah. Untuk membentuk persepsi dan tujuan yang sama tentang prioritas program 2018 tersebut maka Moderamen GBKP mengadakan rapat koordinasi dengan biro dan unit pelayanan serta pendeta tugas khusus.

Rakor ini dibuka dengan kebaktian yang dipimpin oleh Pdt. Sarianto Purba, S.Th, M.Min, Kabid SDM Moderamen GBKP. Dalam khotbahnya yang diambil dari kitab kejadian 1: 26-27 dikatakannya bahwa sebagai orang kristen, yang diciptakan  segambar denganNya maka kita mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk menjalankan perintah Allah dan menyatakan kebenaranNya. Namun pada kenyataanya manusia dengan sifat duniawi dan rasa egoisnya membuat gambar Allah yang ada padanya menjadi rusak. “ Sebagai orang kristen yang diciptakan segambar dengan Allah, tugas dan tanggung jawab kita adalan menjalankan perintah dan menyatakan kebenaranNya, namun pada kenyataannya sifat egois manusia merusak “ gambar” tersebut” tegasnya.

Kaitannya dengan tahun prioritas progam 2018, Pdt. Sarianto Purba mengajak semua yang hadir dan mengubah pola pikirnya dalam berpolitik dengan memegang teguh firman Tuhan yaitu “ jangan sama dengan dunia ini”. Dapat dilihat dari apa yang dilakukan oleh Tuhan Yesus dimana Dia selalu membuat perubahan dimanapun Dia berada, ajaknya.

Sementara itu Kabid Pembinaan Moderamen Pdt. Yunus Bangun dalam arahannya mengatakan bahwa salah satu tujuan dari rapat koordinasi tersebut adalah mengkoordinasikan dan memperlengkapi progran kerja 2018. “ salah satu tujuan rakor kita ini adalah untuk mengkoordinasikan dan saling memperlengkapi program kerja masing-masing biro dan unit pelayanan” ucapnya. Dia juga mengingatkan dalam menyususn program kerja agar memakai pedoman terangkai dan terencana yang mempunyai arti bahwa program kerja tersebut saling berkaitan setiap tahunnya dan program kerja tersebut juga merupakan program kerja yang terencana, buka sesuatu yang “ dadakan”.

Sekretaris Umum Moderamen Pdt. Rehpelita Ginting dalam persentasenya menjelaskan bahwa dalam menyusun program kerja harus diingat dan dilihat history dan road map GBKP 2010-2030 yaitu :

  1. 2010-2015 : Kolaborasi (Relasi)
  2. 2016-2020 : Tranformasi (Perubahan)
  3. 2021-2025 : Inovasi (Cipta baru)
  4. 2026-2030 : Ekspansi (Perluasan)

Terkait dengan prioritas program kerja 2018 yang berhubungan dengan politik Pdt. Rehpelita Ginting mengatakan sesuai dengan konfesi GBKP maka pandangan dan sikap GBKP terhadap politik adalah seturut dengan Alkitab. GBKP aktif untuk membawa transformasi kehidupan ke arah yang lebih baik dengan menggarami dan menerangi dunia politik untuk kesejahteraan masyarakat. Yang dikedepankan oleh GBKP bukan politik kekuasaan melainkan politik moral bagaimana GBKP mempengaruhi setiap kebijakan yang bersangkut paut dengan kehidupan masayarakat agar kebijakan yang diambil adalah untuk kepentingan masayarakat dan berpihak kepada kaum yang lemah.

Turut hadir dalam dalam rakor tersebut Pdt. Kongsi Kaban, Pt. Mulia Peranginangin, Dk.Khristiani br Ginting dan Pt. Jetra Sembirin. (Humas Moderamen)

Komentar

Mungkin Anda Menyukai