Bahas Pengungsi Sinabung dan Program Nasional Revolusi Mental, Bupati Karo Kunjungi Kantor Moderamen GBKP.

KABANJAHE, GBKP.OR.ID –  Kamis, (05/10) Moderamen GBKP terima Bupati dan Wakil Bupati Karo beserta SKPD terkait di aula kantor Moderamen GBKP Jl. Kapt. Pala Bangun No. 66 Kabanjahe. Pertemuan tersebut dilakukan untuk membahas penanganan pengungsi korban erupsi sinabung serta tindak lanjut sinergisitas GBKP dengan pemkap Karo terkait terpilihnya Kabupaten Karo menjadi salah satu kabupaten percontohan program nasional revolusi mental.

Berfoto Bersama : Moderamen GBKP berfoto bersama rombongan Bupati Karo dan Kepala BNNK Karo berfoto bersama seusai berdiskusi masalah penanganan pengungsi sinabung, program revolusi mental dan isu-isu seputar tanah karo, kamis (05/10) di aula kantor Moderamen.

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH terkait penanganan pengunsi sinabung menjelaskan bahwa dalam beberapa waktu kedepan posko-posko pengungsian akan dikosongkan dan masyarakat yang mengungsi akan mengikuti program relokasi mandiri, relokasi tetap, relokasi sementara sesuai dengan yang sudah ditetapkan bagi desa-masing-masing.

“ Dalam waktu dekat posko-posko pengungsian akan kita kosongkan, dan masyarakat akan diarahkan sesuai dengan program yang ditetapkan bagi desa mereka masing-masing, yaitu relokasi mandiri, hunian tetap, dan hunian sementara” jelas Terkelin.

Maka untuk memaksimalkan program tersebut pemerintah kabupaten karo mengharapkan dukungan dari Moderamen GBKP yang selama ini ikut berperan aktif dalam penanganan pengungsi sinabung.

Terkalit dengan terpilihnya kabupaten karo sebagai salah satu kabupaten dari lima kabupten se- Indonesia sebagai daerah percontohan program pemerintah pusat tentang program nasional revolusi mental, bupati karo juga mengharapkan dukungan dari Moderamen GBKP sebagai lembaga keagamaan di Tanah Karo. Kedepannya akan dilakukan kerjasama-kerjasama antara Pemkab Karo dengan Moderamen GBKP terkait program pemerintah pusat tersebut.

“ Tanah karo terpilih menjadi salah satu dari lima kabupaten se-Indonesia, sebagai daerah percontohan program nasional revolusi mental pemerintah pusat, untuk itu juga pemkab karo membutuhkan dukungan dari GBKP sebagai lembaga keagamaan yang ada di tanah karo, agar nantinya program tersebut dapat terlaksanana dengan baik” harapnya .

Menanggapi hal-hal diatas Moderamen GBKP melalui ketua Umum Pdt. Agustinus Purba mengatakan, terkait penanganan pengungsi sinabung mengatakan sudah saatnya semua pihak-pihak terkait menjalin sinergisitas yang baik dalam penanganan pengungsi sinabung, agar kedepannya tidak kehilangan kepercayaan dari  bapak presiden.

“ Inilah momentum bagi kita dan semua pihak-pihak terkait untuk memaksimalkan penanganan pengusi sinabung, jalin sinergisitas yang baik, jangan sampai kita kehilangan kepercayaan dari bapak presiden kita yang sudah menunjukkan perhatian yang luar biasa bagi tanah karo”  ungkapnya.

Dan terkait dengan program nasional revolusi mental, Pdt. Agustinus menyampaikan rasa bangganya dan menyambut baik atas terpilihnya tanah karo. Lebih lanjut dikatakan Pdt. Agustinus bahwa Moderamen GBKP tidak dapat mempengaruhi kebijakan pemerintah terkait hal tersebut, namun Moderamen GBKP dapat memberikan motivasi kepada jemaat agar mendukung program tersebut.

Pertemuan tersebut juga membahas isu-isu yang berkembang di tanah karo diantaranya Narkoba dan perjudian. Turut hadir dalam pertemuan tersebut Pdt. Rehpelita Ginting, Pdt. Khrismas Barus, Pdt. Kongsi Kaban, Dk. Khristiani br Ginting, ketua klasis seputar tanah karo, Pendeta Tugas khusus dan dari pemkab karo diantaranya Sekda Kabupaten Karo Drs. Kamperas Terkelin Purba, M,Si, Kadispora Robert Peranginangin,Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Ir. Mulia Barus kepada BPBD Karo Martin Sitepu . Hadir juga  Kepala BNNK Karo AKBP Heppi Surbakti beserta rombongan. (Humas Moderamen)

Komentar

Mungkin Anda Menyukai