Sidang Kerja Majelis Sinode (SKMS) GBKP 2017 dibuka, Pdt. Agustinus Purba : Isu Global Mempengaruhi Moralitas dan Mental Manusia.

SIBOLANGIT, GBKP.OR.ID- Sidang Kerja Majelis Sinode (SKMS) Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Tahun 2017 dilaksanakan pada tanggal 26-28 Oktober 2017 di Retreat Center Sukamakmur. SKMS GBKP 2017 ini akan membahas dan menetapkan program kerja tahun 2018 serta melakukan evaluasi terhadap program kerja tahun 2017.

Kegiatan ini dibuka dengan kebaktian yang dipimpin oleh Kabid Marturia Moderamen GBKP Pdt. Kongsi Kaban, S.Th yang mengambil nats Alkitab dari kitab Lukas 5: 16-22 dan Matius 5: 16 yang mengingatkan gereja agar mampu memberi kesejahteraan kepada jemaat dan masyarakat lainnya. Selain pemerintah gereja juga memiliki peranan penting untuk ikut memberi pengaruh melalui program-program pelayanan. Untuk itu, menurut Pdt. Kongsi Kaban di tahun 2018 dimana GBKP memiliki prioritas program untuk menumbuhkan kesadaran warga jemaat dalam  bidang politik maka GBKP harus menyusun program-program pelayanan yang tepat tentang kesadaran berpolitik bagi jemaat, sehingga tujuan politik kembali kepada hakekatnya yaitu untuk membebaskan dan mensejahterakan jemaat dan masyarakat.

Sementara itu Ketua Umum Moderamen GBKP Pdt. Agustinus Purba, S.Th, MA dalam sambutannya di acara pembukaan tersebut menyampaikan isu global yang berkembang saat ini diyakini dapat mempengaruhi iman dan kredibilitas gereja. Selain masalah sosial, ekonomi dan politik , isu moralitas dan mental manusia menjadi permasalahan yang membutuhkan ketegasan gereja. GBKP selaku gereja yang dinamis dalam mengikuti perkembangan arus globalisasi dan perkembangan teknologi, berupaya tetap konsisten dalam pengajaran sekaligus melakukan penyesuaian bentuk pelayanan yang relevan dan konkrit.

Disisi lain Pdt. Agustinus menambahkan bahwa narkoba dan perjudian menjadi ancaman serius. Peran gereja sangat dibutuhkan untuk menghapus praktek perjuadian dan narkoba, termasuk masalah penanganan dampak erupsi sinabung yang menjadi  perhatian serius GBKP. Fokus pelayanan di posko pengusian, mempersiapkan Huntara, memfasilitasi relokasi ke luar daerah dan mencari bantuan uang sekolah bagi anak-anak pengungsi.

Berkaitan dengan prioritas program kerja GBKP 2018 dimana GBKP fokus pada meningkatkan kesadaran warga GBKP dalam politik, hubungan masyarakat dan pemerintah, gereja harus mengambil peran dalam politik dalam artian bukan berpolitik praktis namun gereja harus memberi pengaruh (menggarami ) dunia.

Untuk itu GBKP harus memainkan politik moral yang menyuarakan suara kenabian atau suara kebenaran. Jemaat GBKP harus memiliki peran penting ditengah-tengah masyarakat untuk menyuarakan suara kebenaran terlebih menjadi garam dan terang dunia untuk membangun perdamaian dan kebenaran, harapnya.

Pada kesempatan tersebut juga Moderamen GBKP melakukan pengesahan persidangan dan penyerahan persidangan kepada pimpinan sidang. (Humas Moderamen).

Komentar

You May Also Like