Peringati Hari AIDS Sedunia, Ketua Moderamen GBKP Lakukan test HIV

KABANJAHE, GBKP.OR. ID- Ratusan tamu undangan dari berbagai utusan menghadiri peringatan Hari AIDS Sedunia  yang dilaksanakan oleh Gereja Batak Karo Protestan (GBKP). Peringatan yang mengambil tema “saya berani, saya sehat” tersebut dilakukan pada kamis ( 30/11) bertempat di PPWG Zentrum GBKP Kabanjahe. Turut hadir dalam kesempatan tersebut wakil bupati karo Corry Sebayang didampingi SKPD terkait.

Dalam sambutannya ketua umum Moderamen GBKP Pdt. Agustinus Purba didampingi Kabid Diakonia Moderamen GBKP Pdt. Rosmalia br Barus mengatakan realita dalam kehidupan bermasyarakat, sifat saling peduli terhadap sesama sudah sangat menurun.  Rasa kepedulian “dihancurkan” oleh manusia itu sendiri dengan menciptakan lingkungan yang acuh satu dengan lainnya.

“Saling peduli terhadap sesama manusia sudah sangat memudar, acuh terhadap sesama, lingkungan “dihancurkan” oleh manusia itu sendiri” tegasnya.

Maka dari itu dengan momen peringatan hari AIDS Sedunia tersebut diharapkan dapat lebih menumbuhkan lagi sifat saling peduli terhadap sesama, membangun kerjasama yang baik, tanpa melihat latar belakang agama dan suku, tegasnya lagi.

Sementara itu wakil bupati karo, Cory Sebayang meminta semua pihak mulai dari pemerintah,pemuka agama, tokoh masyarakat dan pemuda untuk bersatu padu mencegah “hilangnya” generasi penerus bangsa akibat akibat dari penyakit masyarakat seperti HIV dan penyalahgunaan narkoba.

“Sudah saatnya semua pihak, pemerintah, pemuka agama, tokoh masyarakat dan pemuda  bersatu mencegah “hilangya” gerasi muda penerus bangsa akibat dari penyakit masyarakat, seperti HIV dan penyalah gunaan narkoba” ucapnya.

Setelah itu dilakukan penandatangan  komitmen bersama untuk pencegahan HIV, Narkoba dan TB ( Tuberculosis). Dalam hal pencegahan penyebaran penyakit TB, Moderamen GBKP melalui Komisi HIV/AIDS dan Nabza Moderamen GBKP melakukan kerjasama dengan membuat MoU yang juga ditandatangi pada hari tersebut dengan  Asyisyah Kab. Karo sebuah lembaga yang fokus melakukan pemdampingan terhadap penderita TB di Tanah Karo.

Dalam kesempatan kesempatan tersebut juga dilakukan penyapaian testimoni dari penderita HIV dan mantan pengguna narkoba. Mereka adalah JT dan AS yang keduanya merupakan dampingan dari komisi HIV/AIDS dan Nabza moderamen GBKP. Penyampaian testimoni tersebut dipandu oleh Dr. Jasura Pinem yang juga merupakan ketua PMI Kab. Karo. Peringatan Hari AIDS tersebut diketuai oleh Gr. Hartawaty  br Tarigan dan sebagai sekretaris dan bendehara Pdt. Monalisa br ginting dan Julia Maharani br Bukit.

Turut hadir kepala BNNK Karo AKBP Heppy Karo-karo, anggota DPRD Kab. Karo Lusia Sukatendel, pengurus komisi HIV/AIDS dan Nabza Moderamen, Kadis Kesehatan Kab. Karo Dr. Irna Sembiring Milala, BKAG  Kab. Karo, perwakilan MUI Kab. Karo, perwakilan  Muhammadiyah Kab. Karo dan beberapa LSM yang ada di kabupaten Karo.

Ketua Umum Moderamen Lakukan Test HIV.

Pada kegiatan tersebut, Ketua Umum Moderamen GBKP Pdt. Agustinus Purba beserta Kabid Diakonia Pdt. Rosmalia br Barus melakukan  cek HIV dan test urine (Narkoba). Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk komitmen untuk melakukan tindakan konkrit memutus mata rantai penyakit masyarakat  seperti HIV dan penyalahgunaan narkoba. Demikian disampaikan oleh Pdt. Agustinus setelah selesai melakukan  test HIV dan Narkoba di PPWG Zentrum GBKP kabanjahe.

Selain test HIV dan urine (narkoba) dalam peringatan hari AIDS Sedunia ini juga dilakukan aksi donor darah dan pemeriksaan TB (Tuberculosis). Sebagai tim medis hadir dari tim Dinas Kesehatan Kab. Karo. (Humas Moderamen)

Komentar

Mungkin Anda Menyukai