Peringati HUT ke-128 Moderamen GBKP dan Jemaat Ziarah ke Makam Pekabar Injil di Sibolangit

SIBOLANGIT,GBKP.OR.ID- Peringatan HUT ke-128 GBKP, Rabu (18/4) diawali dengan ziarah ke makam pekabar Injil ke masyarakat Karo di Taman Marturia GBKP dan kebaktian  di GBKP Runggun  Sibolangit.
Dengan tema : Tetap  Menabur Berita Keselamatan  yang diambil dari Masmur 126 : 1-6, Ketua Bidang  Pembinaan Moderamen GBKP Pdt Yunus Bangun dalam khotbahnya mengatakan,  Bangsa Israel bebas dari penjajahan Babil bukan karena kekuatannya tapi karena kuasa Tuhan. Yang mustahil bagi manusia, mungkin bagi Tuhan. Yang penting ada iman pengharapan.
Demikian juga dengan tokoh pekabar Inil dulu,  disebutkan karena panggilan, mereka rela meninggalkan zona nyaman  dan mengabarkan Injil kepada masyarakat Karo. Walau mereka menderita menghadapi berbagai tantangan namun mereka terus bekerja karena ada panggilan.  Mereka meyakini,  yang mereka kerjakan tidak akan sia-sia tetapi akan berbuah di masa depan. “Dan memang benarlah,  warga Karo kini telah mengenal Tuhan, ” katanya.
Masa sekarang ini,  katanya,  kita sebagai orang yang percaya kepada Kristus harus terus memberitakan Injil,  menjadi saksi Kristus di tengah masyarakat.  Banyak cara dan metode yang dilakukan dalam menyampaikan berita kesukaan.
Gereja disebutkan,   hidup bukan hanya untuk gereja tapi untuk terang dunia.
Sementara itu Ketua Umum Moderamen GBKP Pdt Agustinus Purba dalam sambutannya mengatakan,  pengorbanan pekabar Injil tidak sia-sia,  masyarakat Karo telah menerima berita keselamatan. Perjuangan pekabar Injil dahulu yang menghadapi berbagai tantangan seperti kondisi daerah yang masih terbelakang, budaya yang sangat berbeda dengan daerah asalnya, sifat orang yang dilayani sangat keras harus menjadi motivasi bagi pelayan Tuhan sekarang ini. Bekerja hanya untuk kemuliaan Tuhan.
“Dengan memandang perjuangan pekabar Injil tersebut,  mutasi di gereja seharusnya tidak jadi permasalahan lagi, ” katanya.
Pdt Agustinus juga mengajak semua warga gereja untuk merenungkan perjalanan gereja Tuhan.  GBKP 128 tahun,  bagaimana sudah kualitas iman jemaat dan perkembangan  dan partisipasi jemaatnya. memberitakan Injil katanya merupakan tugas semua orang yang percaya.  Karena itu identitas sebagai pengikut Kristus harus ditunjukkan.
Pada  kesempatan itu dilakukan tiup lilin dan pemotongan “tumpeng cimpa matah” oleh Ketua Umum Moderamen didampingi Sekum Pdt Rehpelita  Ginting dan Moderamen lainnya serta dibagikan kepada pengurus unit pelayanan dan kategorial.
Pada hari yang sama,  juga dilaksanakan seminar tentang sampainya berita keselamatan kepada orang Karo dengan narasumber Pdt Mehamat Wijaya Tarigan dan Pdt Kongsi Kaban di Kantor GBKP Klasis Sibolangit. Kedua narasumber memaparkan tentang perjuangan pekabar Injil  dari Belanda dan Sulawesi Utara kepada masyarakat Karo.
Sementara itu panitia yang diwakili Pdt Surya Sembiring dan Pdt Lisa mengatakan, sebagai rangkaian  perayaan HUT ke128 GBKP, pada 20 April mendatang dilaksanakan aksi kebersihan di seluruh GBKP. (Humas Moderamen)
Komentar

Mungkin Anda Menyukai