Tahap III : Moderamen GBKP kerjasama dengan Scripture Union Indonesia adakan Pelatihan Baca Gali Alkitab di RC Sukamakmur

SUAKMAKMUR,GBKP.OR.ID- Untuk meningkatkan kualitas pelayanan para pelayan di jemaat GBKP Moderamen GBKP melalui Bidang Pembinaan bekerja sama dengan Scripture Union Indonesia melakukan pelatihan Baca Gali Alkitab (BGA) untuk 12 Klasis di Retreat Center, 17-19 Juli 2018. Pelatihan ini merupakan pelatihan tahap III yang di ikuti oleh 182 peserta.

Pelatihan BGA ini diawali dengan kebaktian pembuka yang dibawakan oleh Pdt. Sinar Rehaganta Barus dengan mengambil bahan dari kitab Pengkhotbah 3: 1-8 dan ayat 11. Dikatakannya dalam melakukan pelayanan sudah selayaknya para pelayanan yang dipilih Tuhan memperlengkapi diri, salah satunya dengan BGA yang dilaksanakan tersebut. “ Pelayanan kedepan akan semakin penuh tantangan, maka kita para pelayanan harus memperlengkapi diri, salah satunya dengan BGA ini” ucapnya. Memperlengkapi diri bukan hanya “perlengkapan” otak saja namun yang tak kalah penting adalah “ perlengkapan” hati, lanjutnya lagi.

Diungkapkannya lagi bahwa tugas seorang pelayan adalah memperlengkapi jemaat untuk menghadapi berbagai situasi dalam kehidupannya” tak kalah penting, tugas kita adalah mempersiapkan jemaat agar sanggup dan mampu menghadapi segala keadaan dalam kehidupannya” ungkapnya.

Pdt. Sinar Barus juga berharap dengan BGA tersebut dapat bermanfaat bagi kehidupan bergereja di tengah-tengah jemaat dan juga tak kalah penting bermanfaat bagi peserta, lanjutnya.

Dalam sambutannya Kabid Pembinaan Pdt. Yunus Bangun mewakili Moderamen menyampaikan terima kasih kepada Scripture Union Indonesia yang telah bekerja sama dengan Moderamen GBKP melaksanakan kegiatan tersebut. Dia juga berharap dengan BGA ini semakin banyak orang yang tertarik untuk membaca Alkitab, karena dari peneliatian hanya sekitar 20% dari jemaat GBKP yang sehari-harinya rutin membaca Alkitab.

“Dari penelitian, hanya sekitar 20% dari jemaat kita yang sehari-harinya rutin membaca Alkitab, dengan BGA ini diharapkan semakin banyak jemaat yang rutin membaca Alkitab” harapnya.

Sementara itu perwakilan Scripture Union Indonesia, Restu menyampaikan harapannya melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan kecintaan dan ketertarikan peserta dalam membaca Alkitab sehingga meluangkan waktunya dalam kesibukan-kesibukan sehari-hari

“ Melalui BGA ini kita berharap semakin banyak orang, terutama peserta yang mengikuti, semakin cinta dan tertarik membaca Alkitab, sehingga disisihkan waktu ditengah-tengah kesibukan” harapnya.

Jalanya Pelatihan.

Pelatihan ini dibawakan fasilitator diantaranya Pdt.Arman Barus,Ph.D, Pdt. Jenny Eva br Karosekali, Pdt. Iswan Ginting, Pdt. Yunus Bangun, Restu dan Pt. Erdian Sembiring dengan materi yang dibawakan diantaranya BGA Narasi, BGA Surat dab BGA Mazmur

Selain mendengarkan paparan dari fasilitator para peserta juga diberikan latihan-latihan yang dikerjakan secara berkelompok dan dipresentasikan hasilnya.

Penutup

Rangkaian kegiatan pelatihan ini ditutup dengan penyampaian pesan dan kesan oleh peserta. Salah satu penyampai pesan dan kesan Pt. Bukit dari Klasis Barus Sibanyak menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan tersebut sangat bermanfaat bagi dirinya. Dengan adanya pelatihan BGA tersebut dia merasa lebih mampu lagi mengembangkan ayat Alkitab untuk dijadikan bahan khotbah. Karena selama ini menurut pengakuan Pt. Bukit bahan khotbah yang disampaikan kepada jemaat hanya pengembangan dari tema mingguan saja. Dan dia berharap agar nantinya kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan.

 

Dalam kesempatan ini panitia BGA memberikan cenderamata kepada para fasilitatour “ sumpit karo yang diisi gula tualah”.

Panitia yang diwakili oleh ketua Pdt. Ebeneser Sembiring, Sekretaris Pdt. Mira M br Sinulingga dan Bendehara Herawati br Bangun  menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua peserta yang hadir terlebih kepada Moderamen GBKP yang sudah menunjuk panitia untuk pelaksanaan pelatihan tersebut. Dia juga meminta maaf apabila pada saat kegiatan berlangsung ada kekurangan yang dirasakan peserta.

Sementara Pdt. Yunus Bangun dalam sambutan sekaligus menutup acara tersebut mengucapkan terima kasih kepada Scripture Union Indonesia, fasilitator, panitia dan seluruh peserta. Dia juga mengatakan kedepan akan terus dilakukan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kualitas pelayanan di jemaat GBKP.

Acara kemudian ditutup dengan kebaktian yang dibawakan oleh pdt. Novika br Pinem. (Humas Moderamen)

Komentar

Mungkin Anda Menyukai