Alpha Omega

Ditengah-tengah masyarakat dan gereja ada anak yang mengalami ketunaan/kecacatan yang menjadi beban bagi keluarga dan masyarakat. Dalam kehidupan keluarga menjadi beban psikologis, biaya hidup dan pendidikan. Ditengah-tengah masyarakat masih dipandang sebagai persoalan sosial yang sulit diterima dan menunjukkan sikap yang kurang simpati. Dalam memproklamasikan berita kesukaan bahwa Tahun Rahmat Tuhan telah tiba (bd. Lukas 4:18-19) dan melihat masalah diatas, GBKP melalui YKPC Alpha Omega secara berkesinambungan menjalankan visi dan misi yakni :

  • Mengasuh, mencerdaskan, merehabilitasi dan memandirikan penyandang cacat sehingga dapat hidup lebih sejahtera dan dapat berperan ditengah-tengah masyarakat.
  • Mengubah pola pikir masyarakat yang masih negatif terhadap penyandang cacat agar dapat memandang setiap insan sebagai Ciptaan Tuhan yang utuh dan berharga sehingga semuanya diperlakukan sama.

Dengan melihat visi dan misi dari YKPC Alpha Omega ini maka sangatlah diharapkan peran serta Jemaat GBKP untuk dapat mendukung pelayanan YKPC Alpha Omega ini.

Program-Program

Panti Asuhan, Sekolah Luar Biasa (SLB) dan Aktivitas Penunjang Panti Asuhan dan SLB
Dalam panti asuhan, penyandang cacat diasuh, diarahkan, diawasi dan direhabilitasi dengan kegiatan menerapkan pola hidup teratur, memaksimalkan kesehatan melalui pemeriksaan kesehatan, pemberian makanan bergizi, kebersihan dan keindahan lingkungan serta memaksimalkan kemampuan.keterampilan anak sehingga anak dapat hidup mandiri dan sejahtera. Melalui pendidikan formal dan informal penyandang cacat diharapkan dapat memperoleh keterampilan dan mandiri dengan program pendidikan SLB yang berbasis Life Skill Education (Keterampilan).

Program Aktifitas Penunjang Panti Asuhan dan SLB dilakukan dengan Workshop dan Pelatihan Pertanian dan Peternakan. Workshop bertujuan mengarahkan dan membimbing untuk menuju hidup terampil dan mandiri. Yayasan terus meningkatkan workshop sebagai tempat pelatihan keterampilan pertukangan, border, jahit, tenun dan pembatikan. Anak-anak alpha omega juga diarahkan ke pertanian dan peternakan di ladang alpha omega Lingga sebelum disosialisasikan ke tengah-tengah keluarga atau masyarakat.

Personalia dan Peningkatan SDM
Pengadaan personalia sesuai dengan kebutuhan serta upaya peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia) staf melalui konsultasi, orientasi kursus, seminar, studi banding menurut bidangnya baik di dalam dan luar negeri.

Sosialisasi/Penjemaatan
Dilakukan dengan perkunjungan ke runggun/jemaat, keikutsertaan dalam pesta budaya, hari-hari besar nasional dan olah raga bagi penyandang cacat. Pelaksanaan HUT Alpha Omega dan perayaan natal bersama jemaat di klasis secara bergantian dengan tujuan jemaat GBKP dan masyarakat sadar dan mendukung pelayanan alpha omega.

Jaringan Kerjasama
Meningkatkan kerjasama dengan semua pihak baik pemerintah, swasta, lembaga sosial dan masyarakat dalam upaya pengadaan dana dan penanganan penyandang cacat.

Usaha
Usaha yang dilakukan oleh yayasan adalah :

  • Agrowisata Pertanian dan Peternakan. Ladang YKPC Alpha Omega di desa Lingga seluas 7 ha untuk tempat pelatihan hidup mandiri telah ditanam jeruk, kopi, asam citrun dan lain lain. Serta memelihara ternak lembu, kambing, ayam dan babi. Ladang ini juga diprogramkan sebagai agrowisata, pengadaan fasilitas tempat pertemuan dan retreat.
  • Showroom, kantin dan Guest house
Komentar