Media Informasi

Merupakan bagian dari PWG. Perpustakaan merupakan sarana untuk dapat memberi pelayanan informasi literer kepada jemaat dan masyarakat penggunanya. Tugas pokok perpustakaan adalah menghimpun bahan pustaka, Merupakan bagian dari PWG. Perpustakaan merupakan sarana untuk dapat memberi pelayanan informasi literer kepada jemaat dan masyarakat penggunanya. Tugas pokok perpustakaan adalah menghimpun bahan pustaka, mengolahnya dan menyajikannya untuk dapat dimanfaatkan oleh pemakainya. Pengolahan bahan pustaka dimaksud adalah agar setiap pustaka (buku) dapat dengan mudah dan cepat dicari dan ditemukan kembali pada waktu dibutuhkan. Koleksi perpustakaan yang telah diolah dan disajikan, sudah siap dimanfaatkan oleh pemakainya. Orang dapat memakainya untuk menambah pengetahuan, keterampilan atau hiburan.

Perpustakaan meminjamkan bahan pustaka (buku) kepada masyarakat yang berminat baik untuk dimanfaatkan ditempat atau dibawa pulang. Oleh karena fungsi ini perpustakaan disebut sebagai penyalur informasi dan juga sebagai pusat informasi karena didalamnya tersimpan wadah-wadah informasi. Perpustakaan sebagai pusat dan penyalur informasi yang harus selalu siap memberi pelayanan yang baik kepada masyarakat pemakainya, memerlukan sarana berupa gedung/ruang, peralatan, perabotan, tenaga dan dana (biaya).

GBKP sudah mendirikan perpustakaan di kantor sinode,dan di beberapa kantor klasis, kantor majelis jemaat/runggun dan lembaga-lembaga gereja. Perpustakaan ini masih sederhana dan memerlukan pembenahan dimasa mendatang. Perlu dijemaatkan, sebab kepentingannya sangat dirasakan bila kita terus menerus “bergaul” dengan buku-buku khususnya buku-buku theologia maupun non-theologia serta akan menambah wawasan kita dalam pelayanan gereja ditengah-tengah dunia ini. Untuk merealisasikan maksud diatas maka :

Perpustakaan di Kantor Sinode dilengkapi dan dioptimalkan penggunaannya dan mendirikan perpustakaan di Museum GBKP (bangunan dibelakang museum yang bernuansa Karo dan Minahasa).

Perpustakaan ini dilengkapi dengan perpustakaan khusus GBKP (masa zending 1890-1941, masa 1941-sekarang, koleksi Pustaka Sibadia, barang-barang atau ornamen-ornamen yang bercirikan Kekaroan, tulisan para missionaris/penginjil/pendeta/gr/pt/dk GBKP, buku-buku yang pernah diterbitkan GBKP, kitab liturgi, tata gereja, sejarah gereja GBKP, buku-buku PA lembaga kategorial/pjj, sejarah lembaga/pelayanan kategorial, buku pekan-pekan GBKP, keputusan/risalah/notulen sidang sinode/sidang klasis dan sidang runggun, dokumen runggun se-GBKP, dokumen pelayanan/jubelium 50,75,100 tahun GBKP dan sejarah tokoh-tokoh karo dan masyarakat.

Ruang Visual yang memuat peta Indonesia untuk melihat jemaat GBKP diwilayah Republik Indonesia, Foto-foto seperti kantor GBKP, pemimpin sinode GBKP, para zendeling (1890-1941), para tenaga utusan gereja yang pernah melayani di GBKP, para pdt/gr GBKP, pt/dkn periode ke periode, BP Klasis GBKP periode ke periode, pejuang/tokoh Masyarakat Karo.

BP Klasis dan Majelis Jemaat menindaklanjuti pengembangan perpustakaan yang sudah ada dan mendirikan perpustakaan bagi yang belum ada. Melalui perpustakaan kita terus menumbuhkan minat baca dari jemaat.

Komentar