PAK Gelora Kasih

Di tengah-tengah masyarakat, kita melihat dan bertemu dengan anak yatim, anak piatu, anak yatim piatu, anak fakir miskin dan anak terlantar yang tidak terurus oleh keluarga dan sanak saudaranya. Ada begitu banyak faktor penyebab yang membuat keadaan mereka terpuruk dan sangat memprihatinkan yang akhirnya menyebabkan hilangnya generasi dimasa depan (Lost Generation).

Dalam konteks ini, PAK Gelora Kasih terpanggil “membuka diri” untuk menyatakan pelayanan kasih yang nyata, menghargai harkat dan martabat manusia serta nilai-nilai kemanusiaan (memanusiakan manusia kembali), sehingga anak-anak tersebut memiliki harapan menyongsong hari depan yang lebih baik (bd. Mat 25:40).

Saat ini Yayasan PAK Gelora Kasih telah dan sedang melayani, membina dan mengasuh anak-anak dari usia 3 tahun sampai berumur 22 tahun, mulai dari usia prasekolah sampai ke tingkat perguruan tinggi. Dengan syarat-syarat yang telah ditetapkan yayasan, anak yang berusia mulai 3 sampai 10 tahun yang mau diasuh, diproses dan diseleksi untuk bisa menjadi anak asuh di yayasan ini. Demikian juga setelah tamat SLTA sederajat maka anak asuh dipersiapkan dengan program mandiri untuk selanjutnya diutus kembali ke keluarga, masyarakat atau ke dunia kerja.

Selain memberi pendidikan formal kepada anak, yayasan juga menyediakan pendidikan non formal seperti keterampilan, kerajinan, pertanian, pertamanan dan lain-lain dengan tujuan untuk member-dayakan anak asuh yang ada. Pada umumnya anak-anak yang diasuh adalah anak yang berasal dari keluarga yang bermasalah. Hal ini mempengaruhi kondisi fisik dan mentalnya sehingga memerlukan penanganan yang khusus. Untuk anak-anak yang membutuhkan pelayanan khusus, yayasan berupaya untuk memberi terapi yang tepat dengan mencari tempat dan orang yang tepat dengan pelayanan yang dibutuhkan.

Untuk menunjang program kerja dan pelayanan, yayasan juga ditunjang oleh fasilitas-fasilitas seperti gedung, peralatan elektronik maupun non-elektronik, lahan dan pengasuh/pegawai yang ada. Namun fasilitas yang ada dirasa masih belum maksimal, dibutuhkan pembenahan dan penambahan fasilitas-fasilitas lainnya demi pengefektifan pelayanan yayasan. Untuk itu yayasan akan memelihara dan menata fasilitas yang ada secara terus menerus dan menambah fasilitas lain seperti membangun rumah mandiri, membangun chapel, membangun rumah pegawai, memperluas lahan yang ada dan lain lain.

Komentar