SHARING MEETING PERSEKUTUAN GEREJA-GEREJA DI INDONESIA (PGI)

SUKAMAKMUR-GBKP.OR.ID- Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia telah memasukkan permasalahan Hak Asasi Manusia pada Pokok-Pokok Pikiran Bersama (PTPB) 2014 -2019. Hal ini diturunkan ke dalam Program Kerja Lima Tahun (Prokelita) dan menjadi bagian program Biro Perempuan dan Anak, Bidang Keadilan dan Perdamaian (KP), dan  Biro Penelitian dan Pengembangan (Litbang). Salah satu isu yang menjadi fokus PGI terkait pemenuhan Hak Asasi Manusia adalah isu pekerja migran yang secara langsung berkaitan dengan isu perdagangan orang (trafficking), kemiskinan dan isu kemanusiaan lainnya.

November 2017, PGI melakukan Sharing Meeting di Malang dengan menghadirkan peserta para pemangku kepentingan (stakeholder meeting) dari gereja Hot Spot pekerja migran dari wilayah Indonesia Timur, Tengah dan Pulau Jawa. Pada 8 – 9 Mei 2019 PGI kembali melakukan Sharing Meeting tentang Pekerja Migran dan Trafficking di Sukamakmur – Sumatera Utara bekerjasama dengan Moderamen GBKP. Pemilihan lokasi ini juga salah satu pertimbangan dimana Sumatera Utara juga banyak mengirimkan tenaga kerja ke Malaysia khususnya bekerja di perkebunan dan sebagai pembantu rumah tangga. Selain pekerja migran, Sumatera Utara khususnya Medan sangat rentan juga dengan trafficking karena Medan juga merupakan daerah transit sebelum para pekerja dikirim ke Malaysia, Singapura atau Batam.

Peserta sebanyak 40 orang terdiri dari MPH PGI, Bid. KP, BPA, Biro Litbang, Pokja Pekerja Migran PGI, Gereja Hot Spot dari Wilayah Indonesia Timur, Tengah, Kalimantan, Pulau Jawa, gereja anggota PGI di Sumatera Utara, mitra PGI, Pemerintah (BNP2 TKI, Komnas Perempuan) dan panitia sudah tiba di Retreat Center Sukamakmur sejak tanggal 7 Mei 2018. Acara dimulai pada 8 Mei 2019 dengan ibadah pembuka yang dilayani oleh Ketua Umum Moderamen GBKP Pdt.Agustinus P. Purba, S.Th,MA dilanjutkan dengan sambutan dari MPH-PGI dan Moderamen GBKP yang turut hadir antara lain Pdt.Rehpelita Ginting, S.Th, M.Min, Pdt.Rosmalia br Barus, S.Th, Pdt.Kongsi Kaban, S.Th. Dalam sambutannya Moderamen GBKP merasa sangat senang hati dalam menyambut dan memfasilitasi pertemuan kali ini yang diadakan di Sumatera Utara, GBKP juga ikut berkomitmen untuk terlibat dalam penanggulangan masalah pekerja migran dan trafficking.

Sesi demi sesi berjalan dengan baik, disetiap sesi dari pemaparan materi sampai diskusi diikuti dengan antusias oleh setiap peserta. Kegiatan sharing meeting hari pertama ini ditutup dengan pemutaran film dokumenter tentang Erwiana, seorang buruh migran Indonesia yang mengalami penyiksaan oleh majikannya di Hongkong dan menjadi penyintas untuk kasus Buruh Migran Indonesia di Hongkong karena berhasil terbebas dari majikannya tersebut dan keadilan ditegakkan atas kasusnya. Film dokumenter ini pun membuat suasana menjadi haru dan terlihat wajah sedih diantara para peserta.

Kegiatan hari kedua pada tanggal 9 Mei 2019 diawali dengan kebaktian pagi oleh Pdt.Wilson Tarigan, S.Si (Teol) dan dilanjutkan pemaparan materi oleh beberapa narasumber sampai jam makan siang, setelah itu rombongan panitia dan seluruh peserta mengadakan exposure ke beberapa tempat di Tanah Karo. Rombongan berangkat menuju Pasar Buah Berastagi dan taman Mejuah-juah berastagi, setelah itu melanjutkan kegiatan ke YKPD Alpha Omega Kabanjahe dan posko pengungsian/hunian sementara UKA Kabanjahe untuk bertemu dan mengantarkan bantuan untuk pengungsi terdampak bencana erupsi Gunung Sinabung. Kebaktian penutup dilaksanakan di aula KWK Berastagi yang dilayani oleh Pdt.Rosmalia br Barus, S.Th.

Sharing Meeting ini menghasilkan beberapa hal sebagai tindak lanjutnya, yaitu :

  1. Membentuk Tim Kerja Pekerja Migran dan Trafficking di Sumatera Utara dengan komposisi peserta Sharing meeting yang diutus sinode Gereja maupun Lembaga.
  2. Menunjuk PGI Wilayah Sumatera Utara sebagai Koordinator Tim Kerja Pekerja Migran dan Trafficking di Sumatera Utara.
  3. Menindaklanjuti program yang sudah disusun bersama oleh Tim Kerja

Renny Febrin, S.IP

Staff biro Oikumene Moderamen GBKP

Komentar

Mungkin Anda Menyukai