PELATIHAN PERTANIAN BIDANG DANA DAN USAHA DI TEST FARM BERASTAGI

BERASTAGI-GBKP.OR.ID-Sabtu tanggal 15 Juni 2019 diadakan Pelatihan Pertanian oleh Kabid Dana Usaha Moderamen GBKP di Test Farm Berastagi kerjasama dengan PT.Farm Bisi. Kegiatan ini dihadiri 70 Petani dari 7 Klasis. Sebelum acara dibuka Kabid Dana dan Usaha, terlebih dahulu dilakukan Kebaktian oleh Sekum Moderamen GBKP Pdt.Rehpelita Ginting, STh.M.Min. Dalam Khotbahnya yang diangkat dari Roma 8 : 28  ” Kita tahu sekarang, bahwa Allah bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka, yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai rencana Allah”, pesan pentingnya adalah perihal tetap harus berkarya untuk tetap berkembang dalam hal berusaha dan beriman, dan jangan apatis terhadap apapun, seperti hari ini banyak hal yang bisa didapatkan pengetahuan dan pengalaman baru sebagai wujud peningkatan ekonomi pertanian katanya.

Seyogianya kegiatan ini dihadiri 150 Orang dari 20 Klasis yang sudah di undang kata Kabid Dana dan Usaha Dk.Khristiani Br Ginting dalam sambutannya, namun yang hadir hingga acara sudah dibuka hanya 70 Orang dari 7 Klasis, banyak Klasis yang dihubungi dengan berbagai alasan, sehingga tidak ada utusannya, padahal ada Klasis relative jauh  dari kota Berastagi seperti Lau Baleng, Dairi, Lubuk Pakam mendatangkan utusan untuk hadir, sementara ada Klasis yang dekat seperti Kabanjahe dan Barus Sibayak yang warga jemaatnya banyak sebagai petani justru tidak ada yang hadir, ini menjadi evaluasi kita kedepannya sejauh mana kegiatan seperti ini manfaatnya untuk runggun dan klasis. Pelatihan ini sudah masuk jadwal tahunan Kabid Dana dan Usaha dan mendapat dukungan dari sidang SKMS tahun lalu, tapi pada pelaksanaanya kurang ambil bagian. Padahal pihak Test Farm Berastagi sudah memberikan wadah tempat belajar, bukan hanya kita keliling menikmati tanaman-tanaman yang ada dilapangan, namun juga kita diberikan materi Cara Budidaya Tanaman Cabe dan Tomat secara detail dan ada diskusi yang baik. Disiniah harusnya para BPMK bisa memberikan pengarahan pentingnya kerjasama dengan runggun-runggun yang warga jemaatnya berprofesi sebagai petani untuk bisa belajar banyak demi peningkatan ekonomi jemaat katanya.

Dalam sambutan Kabid SDM Pdt.Sarianto Purba, MTh yang mewakili Moderamen GBKP menyampaikan bahwa apa yang selama ini di dengungkan Presiden kita perihal Revolusi mental tetap harus kita dorong kepada warga jemaat kita, banyak diantara kita sulit berubah karena merasa sudah pintar, padahal ada informasi baru, teknik baru yang terus bisa dipelajari dan dipraktekkan di lapangan petani, dan ini adalah moment yang sangat baik, perlu keseriusan oleh kita semua agar benar-benar petani dapat hasil yang luar biasa dari lapangannya.

PT.Farm diwakili oleh Alam Sembiring sebagai pimpinan PT.Bisi International, Tbk area Sumbagut menjelaskan bahwa fungsi Farm ini diinvetasikan oleh perusahaan sejak tahun 2002 adalah untuk melakukan riset tanaman baru yang cocok didataran tinggi, juga untuk uji adapasti lokasi tanaman dataran tinggi sebelum dijual kepasaran, sebagian lahan untuk produksi, terutama adalah tempat pelatihan bagi petani-petani dataran tinggi. Dimana lahan ini diperuntukkan sebagai ajang pengenalan dan pelatihan cara berbudidaya tanaman yang baik kepada petani dataran tinggi. Jadi untuk kegiatan Farm Field Day seperti ini yang akan dilakukan mulai hari ini Sabtu, dialnjutkan Senin dan Selasa, kita mengundang petani-petani binaan perusahaan dari Langkat, Deli Serdang, Batubara, Asahan, Aceh, Simalungun, Dairi dan Tanah Karo sendiri berjumlah 800 orang diantaranya dinas pertanian, camat merdeka, petani, pengepul dan exportir. Bukan itu saja, bahwa Farm ini juga, kita menjalin kerjasama dengan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan tempat untuk belajar dan praktek lapangan di tempat farm ini, sehingga para mahasiswa bisa lebih siap terjun kelapangan kedepannya setelah menamatkan bangku kuliah. Harapan kami untuk para petani GBKP agar kegiatan ini dimanfaatkan dengan baik sebagai ajang menambah ilmu dan tegnologi baru, jangan sungkan untuk bertanya saat di ruangan atau dilapangan ke team farm sehingga manfaatnya sangat baik katanya diakhir sambutannya. Bravo salam team Dana dan Usaha GBKP.

Komentar

Mungkin Anda Menyukai