RATUSAN ORANG PERTUA DAN DIAKEN GBKP MAJELIS KLASIS KABANJAHE-TIGAPANAH PERIODE PEMULA IKUTI KURSUS PEMULA

KABANJAHE-GBKP.OR.ID-Bertempat di Gedung GBKP Majelis Runggun Simpang Enam-Kabanjahe, Ratusan orang Pertua dan Diaken se-GBKP Majelis Klasis Kabanjahe-Tigapanah yang baru terpilih (periode pertama) mengikuti Kursus Pertua dan Diaken priode pertama yang diselenggarakan oleh BPMK Kabanjahe-Tigapanah.

Dari pantauan langsung di GBKP Majelis Runggun Simpang Enam-Kabanjahe, Para peserta kursus tersebut telah hadir dan mendaftarkan diri kepada panitia penyelenggara. Kegiatan Kursus ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu hari Jumat dan Sabtu, 26-27 Juli 2019. Menurut Bpk. Pdt. Julianus Barus, S.Th yang diwawancarai mengungkapkan bahwa selama dua hari tersebut, para peserta akan diberikan materi yang telah dipersiapkan oleh Moderamen GBKP melalui tim yang telah mengikuti Training of Trainer (TOT) Setialah beberapa waktu lalu di Zentrum-PPWG GBKP.

Selanjutnya diungkapkan bahwasanya BPMK Katipa mengharapkan kesetiaan dan keseriusan para peserta kursus. Hal ini di karenakan apabila tidak mengikuti seluruh sessi yang telah dipersiapkan maka peserta kursus tidak dapat ditahbiskan menjadi Pertua atau Diaken GBKP periode 2019-2024.

Pada Kebaktian Pembuka yang di layani oleh ibu Pdt Junika Br Gurusinga yang melayani di GBKP Majelis Jemaat Mulia Rayat-Merek mengangkat firman Tuhan dari Lukas 17:7-10 yang menekankan bagaimana seorang hamba dihadapan tuannya yang harus benar-benar melayani walaupun dari hasil pelayanannya sang tuan tidak pernah mengucapkan terimakasih. Hal ini tentunya berkaitan bagi Pertua dan Diaken yang memulai pelayanan di GBKP, didalam menerima dan menjalankan pelayanan seharusnya lebih bersemangat dan bersukacita yang tampak dari komitmen, kehadiran dan kebersamaan dengan Pertua dan Diaken yang telah lebih dahulu melayani.

BPMK Kabanjahe-Tigapanah yang tampak hadir pada pembukaan Kursus Pemula ini yaitu Bpk. Pdt. Julianus Barus, S.Th (Ketua Klasis), Ibu Pdt. Lisa Br Tarigan, S.Th (wakil Ketua Klasis), Bpk.Dk. Perwira Ginting (Bendahara Klasis), Ibu Pdt. Ribka Br Tarigan (unit Pembinaan Klasis) dan dari unsur BPMR Simpang Enam-Kabanjahe sebagai Tuan Rumah pelaksanaan kegiatan ini.

Melihat antusiasme para peserta, BPMK Kabanjahe-Tigapanah yakin melalui pelaksanaan Kursus ini para Pertua dan Diaken yang berasal dari 33 Majelis Runggun yang ada di wilayah pelayanen GBKP Majelis Klasis Kabanjahe-Tigapanah mulai dari Merek, Lau Riman, Saribujandi sampai Saribu Dolok dapat memberikan dukungan pelayanan Gereja ditengah-tengah Jemaat yang semakin membutuhkan pelayanan holistik dalam menghadapi perkembangan zaman yang saat ini sangat cepat.

BPMK Kabanjahe-Tigapanah menambahkan bahwa setelah Kursus Pemula ini selesai maka akan dilaksanakan Kursus Lanjutan yang akan diikuti oleh Pertua Diaken yang telah selama ini melayani di tengah-tengah Jemaat GBKP. Dalam Kursus Lanjutan ini akan dibagi menjadi beberapa wilayah/rayon dikarenakan banyak nya jumlah peserta yaitu sekitar 1.000.000 orang ditambah pendamping (nora/naras Pertua/Diaken).

Kegiatan ini merupakan Program Sinodal GBKP yaitu Priodesasi setiap lima tahun sekali, yang serentak dilaksanakan di masing-masing jemaat GBKP, selanjutnya pemilihan BPMR dan puncaknya akan dilaksanakan pada tahun 2020 yaitu Sidang Sinode GBKP yang dilaksanakan di Taman Jubelium GBKP-Sukamakmur.

Setelah Acara Pembukaan Kursus Pemula oleh BPMK Kabanjahe-Tigapanah, Kata Sambutan dari BPMR Simpang Enam-Kabanjahe, kursus pemula ini dilanjutkan pada Materi yang telah dipersiapkan di pandu oleh unit pembinaan Klasis Kabanjahe-Tigapanah. (Mys-IT-Katipa)

Komentar

Mungkin Anda Menyukai