STMIK NEUMANN SIAP MENERIMA 200 ORANG MAHASIWA BARU TAHUN AJARAN 2019/2020

MEDAN-GBKP.OR.ID- Sekolah Tinggi Managemen Informatika dan Komputer NEUMANN (STMIK  NEUMANN) lahir dari buah pemikiran tokoh tokoh pendidikan, pengusaha  dan birokrat Karo dengan Moderamen GBKP.   Dipersekutukan  oleh sebuah passion untuk meningkatkan pendidikan masa depan kepada pemuda pemudi Karo secara khusus dan pemuda pemudi Sumatra Utara secara umum, maka sekolah tinggi lahir dan mulai beroperasi pada tahun 2008/2009 sekitar 10 tahun yang lalu.

Kampus STMIK NEUMANN berdiri diatas tanah dengan luas sekitar 1500 mdi tepi jalan Jamin Ginting KM 10.5,   merupakan kampus yang nyaman dan ideal sebagai tempat belajar dengan fasilitas yang  lengkap sebagai penunjang kegiatan akademik maupun non akademik. Fasilitas Penunjang akademik misalnya ruang belajar yang nyaman lengkap dengan projector, perpustakaan, laboratorium komputer yang dilengkapi dengan perangkat komputer dengan speksifikasi yang up to date  untuk menjalankan aplikasi android,   studio simulasi matlab, multimedia dan software-software lainnya yang digunakan sebagai penunjang mahasiswa dalam  mengasah kompetensinya.

Selain Fasilitas akademik, STMIK NEUMANN juga menyediakan fasilitas pendukung kegiatan non akademik seperti sarana olah raga yaitu lapangan futsal, lapangan volley, lapangan badminton dan tenismeja. Sarana non akademis lainnya yaitu jambur tempat mahasiswa berkumpul dan nongkrong untuk mengerjakan tugas-tugas dan menikmati  waktu yang  dilengkapi dengan wifi.

Mempunyai kesain atau halaman tempat mahasiswa membuat acara yang kapasitasnya dapat mengundang masyarakat sekeliling, juga mempunyai  aula untuk tempat mahasiswa berkumpul untuk kegiatan kuliah umum, seminar atau pun lainnya.

STMIK NEUMANN menyediakan kegiatan aktifitas kemahasiswaan yang dinamis dan kreatif yang bertujuan untuk mengasah kemampuan sesuai dengan bakatnya sehingga pada akhirnya mahasiswa tersebut memiliki kompetensi.  Kegiatan kemahasiswaan tersebut yaitu NEUMANN Service Center (NSC),  dimana pada  kegiatan ini mahasiswa dilatih untuk melakukan trouble shooting untuk setiap perangkat laptop yang masuk melalui NSC.   Sedangkan pelanggan dari  NSC adalah masyarakat sekitar STMIK  NEUMANN dan tidak dikenakan biaya.

Selain NSC terdapat  juga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Programming Club.  UKM ini diasuh oleh seorang dosen yang mengasah kemampuan coding atau membangun program aplikasi.  Selain itu terdapat juga UKM Design  Club.   UKM ini bertujuan untuk  mengasah kemampuan mahasiswa yang memiliki bakat mendesain. Produk hasil desain digunakan untuk desain spanduk, desain brosur, desain baliho dan desain-desain kegiatan lainnya yang dilakukan di Interen STMIK NEUMANN.

Calon calon mahasiswa Merga Silima ataupun masyarakat Sumatra Utara jika memilih STMIK NEUMANN menjadi kampus pembelajarannya akan mendapat keuntungan pendidikan yang berlimpah.  Sebab STMIK NEUMANN juga memiliki staf pengajar yang berkualitas dan berdedikasi dalam perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya perkembangan dunia digital dengan semua keterkaitannya.

 Staf pengajar STMIK NEUMANN seluruhnya memiliki jenjang Pendidikan minimal S2 lulusan dari  Universitas yang bereputasi seperti Universitas Sumatera Utara, Universitas Trisakti, Universitas Parahyangan dan universitas lainnya.

 Seluruh staf pengajar memiliki keahlian dibidang nya masing-masing. Bahkan sekitar 40% dari jumlah dosen sudah memiliki sertifikasi Pendidikan dan beberapa dosen sedang melanjutkan perkuliahan jenjang S3 (Doktor).

STMIK  NEUMANN  memiliki 2 program studi dengan prospek terbaik yang  didukung dengan kurikulum terdepan yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan Teknologi Informasi terkini. Penyusunan kurikulum  yang melibatkan stake holder pengguna alumni.   APTIKOM (Asosiasiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer) juga secara periodik  memberikan masukan sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan  pasar.

Alasan berikutnya yaitu STMIK NEUMANN bekerjasama dengan Kemenristek Dikti menyediakan beasiswa setiap tahun nya bagi mahasiswa  yang  berprestasi dan yang kurang mampu. Selain itu juga tersedia beasiswa bagi pengungsi korban gunung sinabung yang bekerjasama dengan Moderamen GBKP. 

STMIK NEUMANN juga  memberikan kemudahan kepada para mahasiwa nya yang kurang mampu secara ekonomi dengan memberikan uang kuliah yang terjangkau dan dapat dicicil serta mendapatkan potongan uang kuliah yang besarnya dapat disepakati bersama.

Manfaat lain bagi para orang tua dan calon calon mahasiwa  memilih STMIK NEUMANN adalah kualitas pendidikan yang disesuaikan dengan tuntutan wawasan dan kompetensi para lulusannya kelak.  Untuk itu telah dibangun keja sama dengan beberapa lembaga terkait.  Misalnya kerja sama dengan  Go-Educate, dalam hal pelatihan Bahasa inggris.

Selain itu STMIK NEUMANN bekerjasama dengan ICCC sebuah Lembaga pelayanan mahasiswa di Korea.  Bentuk kegiatan rutin setiap 6 bulan sekali yang dilakukan yaitu pertukaran Budaya Korea dengan Budaya  Karo (Sumatra Utara) selain juga melatih kemampuan Berbahasa Inggris dan Bahasa Korea.

Selain itu STMIK NEUMANN juga bekerjsama sama dengan Lembaga LPMI dengan tujuan membangun karakter mahasiswa yang memiliki kepemimpinan yang berlandaskan kasih Kristus.  STMIK NEUMANN juga mempunyai  visi untuk menjalin kolaborasi dan bekerja sama dengan sekolah sekolah serta Lembaga lainnya dalam pengembangan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Hal  lain yang sudah dilakukan adalah kerjasama dengan Lembaga Oracle untuk pengembangan kemampuan mahasiswa membangun  database dan pemrograman. Selain itu STMIK NEUMANN juga bekerja sama dengan PT Smarco, PT Pijer Podi,  PT Inter Yesahomindo dan lain-lain dalam penyediaan lapangan kerja bagi alumni lulusan dan mahasiswa yang ingin magang.

Tuhan adalah sumber dari semua ilmu dan kreativitas serta niat niat baik.  Jadi meskipun saat ini STMIK NEUMANN masih mengejar akreditasi BAN PT yang lebih baik, namun hal itu adalah sebuah kepastian yang tinggal menunggu waktu.  Bersama Moderamen GBKP, STMIK NEUMANN akan selalu memperbaiki diri dan membawa masa depan kehadapan mahasiswa mahasiswa KAro dan Sumatra Utara.

STMIK NEUMANN memiliki Visi, Misi dan Semangat Pelayanan Terbaik yang diturunkan dari GBKP. GBKP melalui STMIK NEUMANN memberikan diakonia bagi seluruh masyarakat  dibidang Pendidikan. STMIK NEUMANN dengan  Kedua program studii Terakreditasi C BAN-PT akan  terus berupaya  melakukan re-akreditasi menjadi terakreditasi B pada tahun 2020. 

Bersamaan dengan proses re-akreditasi program studi tersebut STMIK NEUMANN akan membuka  program studibaru yaitu program studi Animasi (Diploma 4).  Program studi ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dibidang desain dan multimedia.


Kedatangan ICCC dari Korea Selatan Pada Tahun 2018 Yang Lalu.

Maka pada tahun ajaran 2019/2020 STMIK Neumaan siap menampung mahasiwa baru sebanyak 150 sd 200 orang untuk didik dan dilatih menguasai dunia digital dalam era industry 4.0.  Menurut penulis buku Digital Mastery, bahwa penguasaan dunia digital dilakukan melalui dua keunggulan yaitu Teknologi Digital dan Kepemimpinan Digital (Priyantono Rudito dan Mardi FN Sinaga, 2017) maka foKus pendidikan di STMIK NEUMANN  pun dilakukan persis, penguasaan teknologi dan pengembangan karakter kepemimpinan yang berbasis iman dan keterampiLan  Teknologi Digital.

Upaya-upaya pengembangan Sekolah Tinggi secara menyeluruh tetap dilakukan sesuai dengan yang sudah dituangkan pada Renstra dengan tujuan untuk mewujudkan  Visi STMIK NEUMANN  yaitu menjadi kampus yang paling unggul bidang Teknik Informatika dan Komputer  pada  tahun 2023. (AG/EB)

Komentar

Mungkin Anda Menyukai