ALPHA OMEGA JUMA LINGGA

KABANJAHE-GBKP.OR.ID- Disabilitas adalah orang yang memiliki keterbatasan/hambatan baik fisik, intelektual atau sensorik dan mental. Sehingga mereka butuh lingkungan pendukung yang memungkinkan mereka dapat perpartisipasi secara aktif ditengah-tengah masyarakat.

YKPD GBKP Alpha Omega, adalah salah satu bahkan satu-satunya Lembaga yang menjadi tempat anak disabilitas di rehabilitasi di Kabupaten Karo, baik lewat pendekatan panti maupun diluar panti – lewat program Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat (RBM). Saat ini Panti YKPD GBKP Alpha Omega melayani 98 anak dengan berbagai jenis disabilitas yakni disabilitas Grahita/Intelektual , Rungu – wicara, Down Sindrom, Autism dan Special Behaviour. Untuk usia dini sebanyak 66 anak yang bersekolah di SLB Alpha omega dengan kegiatan pembelajaran  dan vocational seperti membatik, membuat bunga, tata boga, musik dan pembuatan pengepel. Sedangkan 32 anak sudah tidak bersekolah lagi  diberdayakan baik dalam vokasional diatas  maupun di Juma Lingga seperti bertani dan beternak.

Asrama YKPD GBKP Alpha Omega yang terletak di Jl Kias Bangun No. 1 Kabanjahe secara betahap sampai 1 Maret sudah akan berpindah ke Juma Lingga Alpha Omega pasca selesainya pembangunan 10 unit Asrama yang terletak di perjumaan luhung – Lingga (Sekitar 1 Km dari Simpang Lingga kearah Timur). Sementara eks gedung Asrama Kabanjaheakan digunakan menjadi ruang workshop dan vokasional anak-anak Mandiri – menjadi tempat mereka bekerja, sebab dunia kerja lain belumlah siap menerima mereka bekerja, kalaupun ada yang menerima, ternyata perlakuan Bully masih mereka terima disitu. Selanjutnya Sekolah Luar Biasa (SLB) dan Gedung Terapy akan dibangun di tahun 2020 ini serta diperkirakan selesai dibulan Maret 2021, dan saat itu SLB dan ruang terapi Alpha Omega yang saat ini masih berada di Kabanjahe, akan dipindahkan ke Juma Lingga pula. Sementara Eks SLB Kabanjahe akan dibongkar sebab sebagian lahannya akan dijadikan ruas jalan bagi Menara 125. Dan diatas sebagian lahannya akan dibangun pengganti Showroom dan Guess House Alpha Omega yang sudah lebih dulu diruntuhkan untuk dijadikan taman Menara 125, berupa Gedung Show room, Guess House dan Restoran yang bukan hanya menjadi Usaha Yayasan untuk menambah uang masuk demi memenuhi kebutiuhan pelayanan Alpha Omega, tetapjuga dimaksudkan untuk menjadi tempat anak-anak mandiri bekerja

Besarnya keinginan keluarga disabilitas menitipkan anak mereka telah menjadikan banyaknya waiting list anak baru menjadi banyak sekali, sementara Gedung Asrama yang di bangun hanya berkapasitas 80 anak. Seiring dengan selesainya pembangunan Asrama yang terus bertambah maka tempat atau asrama pun harus lebih besar. 4 buah Asrama/Wisma yang telah di bangun dan ditempati adalah asrama laki-laki . namun asrama perempuan saat ini masih dalam tahap penyelesaian dan pada tanggal 19 feberuari 2020 akan ada peresmian  rumah/asrama perempuan. Sehingga pada bulan maret anak perempuan akan pindah ke Alpha Omega Juma lingga. Namun kantor dan Gudang logistic masih  akan tetap berada di alpha Omega Kabanjahe sambil menunggu pembagunan sekolah di juma lingga .

Juma lingga memili luas sebesar 6,7 Ha  hektar. Tempat ini juga memiliki tempat seperti aula dan tempat penginapan bagi tamu-tamu yang hendak berdatagan. Disamping itu juma lingga juga memiliki peternakan yang terdiri dari Domba, Sapi, Ikan serta Babi, Serta untuk pertanian ada jagung, kopi, dan wartel. Namun dari semua kegiatan ini Alpha Omega sedang mengembangkan kopi mulai dari menanam, merawat, pengambilan buah ceri, pengupasan kulit , pengeringan , lalu dijadikan green bean hingga proses kopi yang dapat di konsumsi. Saat ini penjemuran kopi sudah tersedia beserta degan cafenya. Bersamaan dengn peresmian gedung asrama putri cafe ini juga dibuka, tepat di sebelah kanan menuju asrama.

Banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengembangkan anak-anak Disabilitas Intelektual. Sehingga dia dapat diterima atau berinklusi di kalangan masyarakat . begitu juga dengan bakat bakat anak disabilitas berkembang dan berguna bagi masyarakat juga.

Semoga dengan adanya berita ini dapat menambah rasa ingin tau tentang anak-anak disabilitas, Kegiatan anak disabillitas, serta pengembangan anak anak disabilitas.

Komentar

Mungkin Anda Menyukai