GBKP Jalin MoU dengan GKI-TP dan GKE

PAPUA-GBKP.OR.ID- Gereja Kristen Injili di Tanah Papua (GKI-TP) meryakan HUT 165 Tahun Injil di Papua. Perayaan ini di pusatkan di Pulau Mansimam Kota Injil Manokwari, Papua Barat. Bersamaan perayaan tersebut juga dilakukan penandantanganan MoU terkait kemitraan dalam semangat  gerejawi sebagai anggota UEM bagi masyarakat pedalaman Papua, Sumatera dan Kalimantan. Kerjasama tersebut dilakukan antara GBKP, GKI-TP dan GKE, Rabu (05/02) di Pulau Mansimam Kota Injil Manokwari  Papua Barat.

Ketua Umum  Moderamen GBKP Pdt. Agustinus Purba mengatakan kerjasama ini merupakan bentuk tindak lanjut dari lokakarya program kemitraan perwartaan kabar baik bagi masyarakat di pedalaman Papua, Sumatera dan Kalimantan, bulan Mei 2019 di Palangkaraya.

Ada beberapa bentuk kemitraan , diantaranya penguatan karakter pelayan pewarta injil dan keilmuan misiologi melalui pertukaran Vicaris , pendeta muda dan dosen praktika. Juga pengembangan pendekatan kebuyaan lokal dalam rangka kontekstual pewartaan kabar baik, seperti lokakarya atau pelatihan-pelatihan tentang injil dan budaya, pengembangan kapasitas dalam melakukan misi terpadu dan kontekstual, juga pengembangan kapasitas pemberdayaan advocasi masyarakat serta pendirian dan pengembangan pelayanan keuangan mikro seperti Credit Unio dan BPR.

Pdt. Agustinus juga menjelaskan bahwa dalam pengelolaan program akan dibuat dalam bentuk kelompok kerja kemitraan dari ketiga belah pihak yang dipimpin oleh ketua koordinator. Tugas kelompok kemitraan adalah mempersiapkan, melaksanakan, mengevaluasi dan melaporkan program kemitraan sebagaimana dalam MoU, termasuk kelompok kerja kemitraan dapat membentuk panitia adhock atas persetujuan pimpinan Sinode ketiga belah pihak untuk melaksanakan program yang sudah disepakati.

Pendantanganan MoU tersebut dilakukan oleh Pdt. Agustinus Purba mewakili GBKP, Pdt.Andrikus Mofu , Ketua Badan Pengurus Sinode GKI-TP dan Pdt. Wardinan S Lidim, Ketua Umum Sinode Gereja Kalimantan Evangelis (GKE)  juga disaksikan perwakilan UEM Pdt. Rosmalia br Barus sebagai Ketua Asia Regional  Board United Evangelical Mission. Turut hadir perwakilan Sinode Gereja se Asia dan undangan lainnya. (Humas Moderamen)

Komentar

Mungkin Anda Menyukai