Panen Perdana Padi Hibrida di GBKP Runggun Seiberas Sekata

MEDAN-GBKP.OR.ID – Kamis 6 Februari 2020 dilaksanakan Panen Perdana Demplot Padi Hibrida di GBKP Runggun Seiberas Sekata, Kerjasama Dana & Usaha Moderamen GBKP dengan GBKP Runggun Seiberas Sekata, Klasis Medan Kampung lalang didampingi PT.Bisi International, Tbk, yang sebelumnya telah dilakukan tanam perdana  1 November 2019 lalu. Dipilihnya Padi Hibrida di lahan demplot Runggun Seiberas sekata, karena potensi terluas di area pertanaman warga jemaat tersebut adalah pertanaman padi dibandingkan pertanaman yang lain seperti jagung dan jambu. Salah satu upaya meningkatkan hasil produksi padi disamping perluasan lahan (ekstensifikasi) adalah mengganti varietas padi unggul menjadi padi hibrida yang mempunyai peningkatan hasil produksi  20-30% lebih dari padi unggul yang selama ini ditanam petani.

                Seperti biasanya dalam acara Panen Perdana Demplot kerjasama seperti ini, terlebih dulu dilaksanakan kebaktian pembuka dilayani oleh Pdt.Erwin Sembiring, STh di lahan demplot naras Robin Tarigan, di hadiri lebih delapanpuluh orang dari lima desa terdekat selain jemaat GBKP Seiberas Sekata. Bahan renungan diangkat dari Keluaran 23 : 14-19, perihala ungkapan ucapan syukur dari hasil panen, sudah ber ribu-ribu tahun yang lalu Tuhan berkata kepada Nabi Musa untuk melakukan pesta perayaan Panen (Kerja Rani : Karo) sebagai ungkapan tanda terima kasih kepada Tuhan.

Pada situasi saat ini, beberapa negara masih terus melakukan pesta panen yang sama, contohnya negara Gana : rakyat melakukan pesta panen yang dinamai Festival Yam, adalagi negara Brazil yang dinamai Dia de Acao de Gracas, yang artinya panen menghasilkan pangan, negara Tiongkok ada festival musim gugur atau sering disebut kue bulan, sedangkan di negara America dan Kanada disebut dengan Thanks Giving, semua ini menunjukkan bahwa ada kuasa Tuhan yang memberikan dan memberkati pekerjaan dan hasil yang berlimpah dari jerih payah mereka, sehingga harus ada ungkapan syukur kepada Tuhan Allah, dan ini dijaga dan dilaksanakan setiap musim panen tiba.

Teks bahan renungan Kel.23 : 14-19 ini, adalah ungkapan puji syukur dari lubuk hati yang paling dalam jemaat dengan memberikan persembahan terbaik atas apa yang telah diberkatiNya adalah hasil panen berlimpah dan semua ini demi kemuliaan nama Tuhan (bnd.ayat 14,17). Kebaktian Panen Perdana Padi Hibrida ini juga ungkapan kegembiraan tidak hanya demi kemulian Tuhan, tapi juga menunjukkan buah iman kepada warga masyarakat sekitar. Dengan demikian apapun yang kita lakukan, apapun usaha kita haruslah dimulai dengan nama Tuhan dan diakhiri dalam nama Tuhan dalam wujud ungakapan puji syukur kita, ungkapnya mengakhiri renungan.

Setelah acara kebaktian berakhir, dilanjutkan dengan panen perdana padi hibrida ke lahan demplot oleh BPMR GBKP Seiberas Sekata, BPMK Medan Kampung Lalang, Pengurus Kategorial Runggun, Pengurus PJJ Runggun juga pada kesempatan ini dihadiri Wakil Sekum Moderamen Pt.Jetra Sembiring, ST.

Dalam sambutan Kabid Dana dan Usaha Moderamen GBKP Dk.Khistiani Br Ginting, didampingi team Dana dan Usaha Ir.Sabangena Br Ginting, memaparkan  bahwa tugas Kabid Dana & Usaha dalam periode ini ada dua tugas besar yaitu pertama meningkatkan kontribusi dari unit usaha GBKP dan kedua upaya meningkatkan Ekonomi Jemaat baik yang berprofesi sebagai petani, peternakan, perikanan, UKM, Bisnis Online dan sebagainya. Kegiatan seperti saat ini terus akan dilakukan untuk memberi edukasi kepada warga jemaat yang berprofesi sebagai petani, upaya-upaya apa yang terus dilakukan agar hasil pertanian petani tetap meningkat, karena sasaran kita adalah agar Peningkatan Ekonomi Jemaat bisa terus diupayakan seperti demplot ini, dengan mengganti dari padi unggul ke padi hibrida adalah wujud meningkatkan hasil dengan luas lahan yang tetap, pada kesempatan ini juga beliau mengucapakan terima kasih kepada team PT.Bisi International, Tbk yang terus membimbing dan memonitor pertanaman petani dari awal tanam hingga panen. Semoga kerjasama ini terus dapat ditingkatkan kedepannya. Setelah kata-kata sambutan dilanjutkan pemaparan Budidaya tanaman padi hibrida oleh PT.Bisi International, Tbk dan diskusi, setelah itu ditutup doa dan makan bersama, semoga Peningkatan Ekonomi Jemaat bisa terus berhasil, salam team dana & usaha (Team Dana & Usaha : Pt.Ir.Alam Sembiring)

Komentar

Mungkin Anda Menyukai