Moderamen GBKP Lantik Tim, Pengurus dan Unit-Unit Pelayanan Periode 2020-2025

Pelantikan Pengurus Unit Pelayanan Moderamen GBKP

Pdt.Yunus Bangun, MTh :PEKERJAAN INI BERDASARKAN PEMILIHAN TUHAN, PATUHLAH KEPADA-NYA!

(SUKAMAKMUR-GBKP.OR.ID)- Kehadiran banyak pengurus unit pelayanan GBKP di Taman Jubelium RC GBKP di pagi hari yang sejuk di RC GBKP menghadirkan sukacita dan kegembiraan serta semangat baru. Pertemuan yang sudah sekian lama tidak ada, menjadikan perjumpaan kali ini menjadi temu kangen (mburo ate tedeh) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Pelantikan ini dilaksanakan dengan kehadiran Pengurus di RC maupun secara zoom. Permata yang bertugas sebagai berada di pintu masuk sigap mengukur suhu tubuh dan menyemprot yang hadir dengan sanitizer sekujur tubuh.

Acara pelantikan dilakukan dengan tuan rumah Majelis Runggun GBKP Sukamakmur. Pelayan liturgis dilayani oleh (Ketua Klasis Sibolangit) Pdt. Satria Sembiring, STh, Pengkhotbah Pdt. Yunus Bangun, MTh (Sekum Moderamen GBKP), Pelantikan ilakoken Pdt. Krismas I. Barus, MTh, LM. (Ketua Umum Moderamen GBKP)

Dalam khotbahnya Pdt. Yunus Bangun, MTh menekankan pemahaman akan Permata (Pemuda/i di tengah GBKP) bukan sekedar dalam batasan umur, tetapi terutama adalah karakter dan semangat dalam melayani (intro : Dan. 1:4a). Melayani sepenuh hati dengan kesadaran bahwa pemilihan kepada semua pengurus unit Moderamen (250 orang, 40 unit) adalah pemilihan Tuhan, karenanya ketaatan dan kepatuhan adalah kepada Tuhan Pemilik Gereja saja, bukan kepada pribadi-pribadi Moderamen. Dikaitkan dengan HUT Permata ke-73 Sekum menyatakan bahwa dalam pelayanan unit adalah juga bagian dari proses penempaan dan regenerasi pelayan Gereja. Hal ini didasarkan Firman Tuhan Josua 1:5-9 mengenai regenerasi Musa kepada Yosua. Simbol perjuangan antar generasi ketika mereka melawan orang Amalek (Kel. 17:12). Musa mewakili generasi tua berdoa kepada Tuhan dan Yosua mewakili generasi muda, memimpin perjuangan dengan bertempur di tengah peperangan. Juga membawa perubahan kehidupan berpindah/nomaden ke kehidupan menetap/permanen di tanah Kanaan. Regenerasi yang mendapat janji penyertaan Tuhan, dan janji ini juga menetapkan hati setiap kita untuk bergerak ke depan dengan semua tantangan dan dinamika pelayanan di bawah rancangan, rencana dan penghantaran Tuhan.

Pentingnya kesadaran ini agar melayani dengan sungguh untuk menambah iman dan bukan membawa perpecahan serta pertentangan seperti teguran Rasul Paulus kepada Jemaat Korinti (I Kor. 3) sehingga mereka tidak dewasa dan kekanak-kanakan oleh karena pertengkaran dan perseteruan, mementingkan diri sendiri dan karena itu hanya diberi makan susu bukan makanan keras. Tetapi dalam kemudaan seperti anak Pilipus, dalam kemudaannya telah biasa bernubuat akan kehendak Tuhan (Kis. Rasul 21:9).

Sekum juga mengingatkan bahwa kerja sebagai pengurus unit Moderamen GBKP adalah kerja marathon,butuh kerja keras, semangat juang agar semua setia sampai ke garis finish, bukan tercecer dan hilang di tengah perjalanan panjang, terlebih di tengah masa pandemi butuh sinergi semua, termasuk dukungan keluarga. Semua terpanggil untuk Soli Deo Glory, tidak ada lagi yang menguasai hati kita selain tetap melakukan yang terbaik untuk melayani Tuhan, yang telah mengasihi dan menebus kehidupan kita (Joh. 3:16). Pertunduh badeh i Kandibata, Padang teguh i kuta Rih. Sendah kualoken gegeh i dur Dibata, tetap megegeh ersada arih.

Pdt. Krismas I. Barus. MTh, LM meneruskan dengan acara pelantikan, dan diteruskan dengan penyerahan SK kepada semua Pengurus unit-unit Moderamen oleh semua Ketua Bidang masing-masing.

Dalam kata sambutannya Ketua Umum Moderamen GBKP menyampaikan agar  Pengurus Pusat unit Moderamen GBKP bisa berpikir secara synodal, bagaimana menterjemahkan tema gerejawi secara synodal dengan mendasarkan pada Garis-garis Besar Pelayanan GBKP. GBP wajib dibaca, dihayati, digumuli sebagai dasar pelayanan. Unit Pusat menterjemahkan ke tingkat jemaat agar dalam implementasinya tidak terjadi salah paham dan tidak dimengerti. Ketidakmengertian jemaat adalah kekurangan kita dalam menyampaikan. Tugas kita menjelaskan dan menterjemahkan pemikiran GBKP. Pakailah bahasa umat dalam mensosialisasikan semua program. Karena setiap tahun ada evaluasi maka diharapkan semua bekerja dengan baik, untuk memberi hasil terbaik bagi GBKP sebagai warisan kinerja kita. Tuhan menolong semua pelayanan Pengurus di Unit Pusat.

Ketua Umum Moderamen GBKP juga mengingatkan agar semua memberi dukungan dan mengabil bagian bagi pelaksanaan HUT Permata GBKP ke-73 yang dilakukan dalam acara pujian dan pengumpulan dana untuk mendukung renovasi dan perbaikan RC GBKP. Beliau menyampaikan bahwa spirit pengadaan RC adalah inspirasi dari semangat 5 pemuda Bethel di Jerman, yang membangun 100 H pusat pembinaan. Yang diawali semangat 5 pemuda petani dan peternak yang melakukan perjalanan di Eropa dan Amerika, bertemu NZG (penginjil ke Karo).

Satu unit baru yang lebih 10 tahun telah diwacanakan adalah unit kemandirian dan dana abadi GBKP. Hal ini adalah langkah penting di GBKP dalam mempersiapkan fondasi kemandirian dan keberlanjutan tri-tugas GBKP secara optimal di tengah-tengah situasi dan kondisi yang serba tidak pasti. Ini adalah langkah penting dari pelajaran serta pengalaman yang sangat berharga setelah kita menghadapi dan melewati masa-masa sulit dan suram pandemi covid-19 belakangan ini, dan menuju akhir yang belum berkepastian. Doa Ketua Umum Moderamen GBKP menjadi doa kita bersama, “Tuhan semua pelayanan Pengurus unit-unit Moderamen GBKP.” (Sekretariat/Humas dan IT Moderamen GBKP).

Komentar

Mungkin Anda Menyukai